Lebaran itu Lembaran Baru



Lebaran sebentar lagi. Ajang untuk berkumpul bersama keluarga akan hadir sebentar lagi. Dan ketika kita berkumpul dengan keluarga, seringkali kita akan menemukan lembaran-lembaran baru dalam hidup kita kelak. Iya bener. Lebaran jadi ajang untuk memulai lembaran baru. Tidak percaya?

Buat yang baru lulus, ajang berkumpul ini menjadi value lebih untuk mendapatkan informasi tempat kuliah yang asik atau jurusan yang okeh untuk masa depan. Bagaimana tidak, ketika berkumpul, kita akan berjumpa dengan saudara-saudara kita yang lebih senior. Beliau-beliau ini yang sudah menghadapi asam garam kehidupan akan lebih mudah memberikan kita pencerahan. Karena menentukan minat dan bakat bukan hanya terpatok pada lingkungan dan ranking saja. Tapi juga pada tujuan akhir setelah lulus kelak.

Saudara-saudara yang senior tentu punya pemikiran yang lebih matang dibanding yang baru lulus tadi. Segala aspek pasti sudah dipikirkan. Dan bisa jadi ajang diskusi yang asik kalau masing-masingnya mau saling menerima dan saling mengerti. Jadi, walau pun sudah memegang gelar lulus PTN, si calon mahasiswa bisa lebih mantap menatap masa depan nantinya.

Berkumpul lebaran bukan cuma memberi lembaran bagi yang akan masuk kuliah saja. Berkumpul lebaran juga bisa jadi ajang terbukanya pintu rejeki yang baru. Kita bisa berbagi informasi mengenai kesempatan berusaha atau kesempatan bekerja. Hal ini tentu sangat berguna bagi saudara-saudara kita yang baru saja lulus kuliah dan sedang mencari lahan untuk berkarya. Atau bisa juga kita bertukar informasi mengenai lowongan di tempat kita bekerja. Bukankah kita lebih nyaman berbagi informasi dengan orang yang lebih dekat dengan kita? Kan kalau suksesnya bareng sama saudara jadi lebih asik bukan?!?

KAPAN KAWIN?!? 

Iya! Pertanyaan di atas sering menjadi momok yang menakutkan. Terlebih bagi mereka-mereka yang sudah cukup umur dan tidak bermasalah dalam urusan ekonomi. Biasanya pertanyaan itu jadi pembuka percakapan. Paling kalau sudah begini, jawaban DOAIN AJA jadi andalan. Itu kalau yang pasrah. Kalau buat yang jago ngeles, paling bilang ENTAR DEH KARIR DULU. Atau BLOM ADA YANG COCOK. Atau ah macam-macam deh pokoknya.

Padahal ajang berkumpul ini juga bisa jadi ajang menemukan jodoh. Siapa tahu sepupu kita punya teman yang sedang mencari jodoh juga. Mungkin kalau jawabannya BANTU CARI DONG, bakal dicarikan. Atau mungkin bakal dipertemukan. Siapa tahu dari pertemuan tadi berlanjut jadi lebih serius. Kita kan tidak akan pernah tahu. Kita hanya bisa berusaha dan berdoa saja.

Apapun bisa terjadi saat libur lebaran nanti. Dan beruntunglah bagi kita-kita yang akan atau sedang menikmati liburan ini. Kita bisa berkumpul, kita bisa bercerita dan saling berbagi. Dengan berharap kita bisa membuka lembaran baru yang lebih baik tentunya. 

Aamiin.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment