Promo Maret Martabak San Fransisco Cinere

Gambar yang ada di Martabak San Fransisco Cinere

Ada makanan baru di Cinere sekitar awal Januari 2016 lalu. Namanya Martabak San Fransisco. Martabak modern yang lebih dulu dikenal di Bandung sejak 1967 itu kini hadir di Cinere. Letaknya dekat sekali dengan Living Plaza di Cinere.

Orangtua saya yang dulu kenal dan pacaran di Bandung kenal banget sama brand kuliner ini. "Enak tuh" katanya. "Mamah dulu suka beli waktu di Bandung".

Saking terkenalnya, setiap mampir ke Martabak San Fransisco pasti ngantri. Konon katanya Martabak San Fransisco ini adalah pelopor Martabak modern di Indonesia. Bayangkan saja, sudah dari 1967 berdiri dan rasanya sudah sangat beragam dan kekinian.

Bulan Januari kemarin Martabak San Fransisco Cinere yang baru buka itu memberikan promo sebulan dengan diskon 10%. Kemudian bulan Februari mereka kasih gratis toping tambahan. Dan bulan Maret ini kasih promo Ovomaltine sebotol untuk satu martabaknya.



Saya pun tertarik untuk mencoba kembali promo Maret ini. Satu Martabak diisi 1 botol penuh ovomaltine. Tapi promo ini hanya berlaku untuk ukuran besar dan spesial. Untuk ukuran besar, harga 110.000 sampai 120.000 sementara untuk ukuran spesial mulai 121.000 hingga 131.000.



Saya pun ngiler beli Martabak San Fransisco rasa Ovomaltine keju ukuran besar yang kena harga 120.000. Dan ternyata tidak semua isi Ovomaltine ukuran 400gr itu dipakai. Masih ada setengah botol isinya untuk dibawa pulang.

Penasaran juga cari info soal harga sebotol Ovomaltine ukuran 400gr. Ternyata harganya 60.000. Dengan dikembalikan setengah botol, artinya saya dapat 30.000.

Iseng hitung-hitung harga jual tanpa promo. Kalau harga jual Martabak ukuran besar Ovomaltine Keju adalah 120.000. Dan harga pasaran Ovomaltine 60.000. Maka harga jual untuk Martabak Keju ukuran besar adalah 60.000. Sementara harga untuk Martabak San Fransisco rasa Keju ukuran besar adalah 66.000. Jadi masih ada 54.000 untuk Ovomaltine.

Nah kalau harga Ovomaltine 400gr adalah 60.000 dan terpakai setengah, maka modal untuk Martabak Ovomaltine Keju ukuran besar adalah 96.000. Diambil dari harga Martabak keju besar 66.000 ditambah setengah isi Ovomaltine seharga 30.000.

Jadi, dengan harga 120.000, Martabak San Fransisco masih selisih untung 24.000. Kalau hitungan kasar ini dijadikan tolak ukur rugi Martabak San Fransisco, maka terhitung rugi hanya 6.000 rupiah.



Yaaaa. Itu kan hasil hitung-hitungan kasar dari modal Ovomaltine saja. Belum dihitung untung dari adonan Martabak dan Kejunya. Kita merasa dibodohi ya dengan perhitungan ini.

Tapi tunggu dulu! Gerai Martabak San Fransisco yang ada di Cinere ini sedikitnya terdapat 6 pegawai. Nah kalau perhitungan di atas dijadikan tolak ukur untung rugi juga ternyata kurang tepat karena Martabak San Fransisco ini juga perlu cost untuk gaji pegawai. Jadi, tetap saja promo dan diskon yang diberikan ini adalah beban bagi Martabak San Fransisco.

Udah ah. Segitu aja cerita soal promo Martabak San Fransisco. Overall rasanya enak banget. Enggak giyung kalau kata orang Sunda. Terbukti dengan bertahan lebih dari 40 tahun, Martabak San Fransisco terus menjaga kualitas dan terus berinovasi.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment