Liburan Istimewa Musim Panas di Nagoya

Kastil Nagoya - agoda.com

Sejak menikah, Jepang menjadi salah satu destinasi impian saya dan istri untuk dikunjungi. Bukan cuma karena istri sangat menyukai kuliner Jepang semodel takoyaki dan sushi, tapi saya juga mengagumi gaya dan cara hidup orang Jepang. Misalnya saat Jepang dilanda tsunami 2011 silam, beberapa teman membagikan kondisi Jepang lewat media sosial. Kata mereka, tidak ada pemutaran lagu-lagu sedih meratap pada acara televisi ataupun radio. Semua pasti terselip ganbatte yang artinya kurang lebih SEMANGAT! Sepertinya tidak ada kata sedih dan meratap dalam kamus mereka. Semua harus tetap semangat.

Satu lagi yang menarik adalah mereka sangat menjaga untuk tetap terhindar dari hal-hal negatif. Contohnya saja saat Jepang harus kalah dari Pantai Gading pada perhelatan piala dunia 2014 silam. Tidak ada rusuh, marah-marah, atau prilaku negatif lainnya dari pendukung tim Jepang. Mereka justru bebersih stadion sambil keluar stadion. Mereka memunguti sampah dan membersihkan stadion. Luar biasa ya?

quotesgram.com

Konon katanya, sikap hidup yang dipegang teguh oleh masyarakat Jepang sekarang ini lantaran berpegang teguh pada prinsip samurai yang dikenal dengan istilah Bushido. Ada 7 prinsip samurai yang sampai saat ini dijalankan oleh masyarakat Jepang. Ini dia:

Menjaga Kejujuran (Integritas): Integritas dalam nilai Bushido mengandung arti jujur dan utuh. Maksudnya adalah kutuhan dari seluruh aspek kehidupan, terutama antara pikiran, perkataan dan perbuatan.

Hormat kepada orang lain (Menghormati): Tidak bersikap kasar dan ceroboh. Sikap santun dan hormat tidak saja ditujukan pada pimpinan dan orangtua namun pada seiapapun yang ditemui. Santun ini meliputi cara duduk, berbicara, bahkan dalam memperlakukan benda.

Berani dalam menghadapi kesulitan (Keberanian): Merupakan sebuah karakter dan skap untuk bertahan demi prinsip kebenaran yang dipercayai meski mendapat berbagai tekanan dan kesulitan. Namun demikian, keberanian samurai tidak membabibuta, melainkan dilandasi latihan yang keras dan penuh disiplin.

Memiliki sifat kasih sayang (Kemurahan hati): Seorang Bushido harus memiliki sifat mencintai sesama, kasih sayang dan peduli. Ini ditujukan pula pada kemanusiaan. Kemurahan hati ini juga ditunjukkan dalam hal memaafkan.

Menjaga kehormatan diri (Kehormatan): Salah satu cara mereka menjaga kehormatan adalah dengan tidak menyia-nyiakan waktu dan menghindari perilaku yang tidak berguna.

Bersikap tulus dan ikhlas (Kejujuran): Senantiasa bersikap jujur dan tulus mengakui, berkata atau memberikan suatu informasi yang sesuai kenyataan dan kebenaran.

Menjaga kesetiaan (Loyal): Ditunjukkan dengan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas.

Okeh!

Cukup cerita soal samurainya. Saking menariknya dengan kultur samurai (disamping penyuka serial komik samurai-x), saya kemudian mencari-cari kota yang mencirikan kehidupan zaman samurai. Saya kemudian ketemu kota bernama Nagoya. Salah satu ikon kota tersebut bisa dilihat pada foto utama tulisan ini. Namanya Kastil Nagoya. Gara-gara kastil ini saya kemudian mencari-cari apa saja yang ada di sana.

Nagoya

Katanya kota ini memiliki jumlah penduduk lebih 2 juta orang. Disebut-sebut masuk urutan 4 sebagai kota terpadat di Jepang. Yang juga pusat metropolitan dan industri. Nagoya dibangun sebagai kota kastil Owari yang merupakan bagian dari Tokugawa pada periode Edo. Jadi jangan heran kalau Nagoya terkenal dengan kastilnya. Ini tempat-tempat populer yang ada di Nagoya dan kudu disambangi kalau wisata ke sana.

Nagoya Castle

Dibangun pada awal periode Edo sebagai pusat salah satu turunan Tokugawa, Owari. Saat ini merupakan salah satu kastil terbesar di Jepang. Pada serangan udara di perang dunia tahun 1945 banyak bagian kastil yang rusak. Kemudian kastil ini dipugar pada tahun 1959 dan dijadikan museum modern dengan pameran tentang sejarah benteng.

sebuah ruangan yang sedang direkonstruksi - japan-guide.com

Taman sekitar kastil tetap dijaga keasliannya dengan tetap dilalui dua kali dan bangunan menara. Taman ini juga dipenuhi oleh bunga sakura yang biasa mekar pada akhir Maret atau awal April. Sebenarnya saat ini Nagoya Castle masih dalam tahap rekonstruksi dan rencananya baru dibuka seluruhnya pada musim semi 2018.

Rekonstruksi ini dimulai tahun 2009 dengan proyek besar untuk mempugar kastil dengan teknik dan bahan-bahan tradisional. Dibuka secara bertahap. Pertama mei 2013 lalu nanti Juni 2016 hingga full open musim semi 2018.

Tokugawa Art Museum

Dibangun di atas lahan bekas kediaman Owari. Di Tokugawa Art Museum dipamerkan harta-harta Owari termasuk baju zirah samurai lengkap dengan pedangnya, peralatan dan perlengkapan minum teh karena budaya minum teh Jepang termasuk yang tua dan unik di dunia, topeng, puisi, gulungan-gulungan skrip kuno dan lukisan-lukisan peta.

Taman di samping Tokugawa Art Museum - japan-guide.com

Perseis di sebelah museum terdapat Tokugawa-en, adalah taman indah khas Jepang dengan kolam besar di tengahnya. Sebenarnya taman ini sempat hancur pada perang. Baru pada tahun 2001 taman dipulihkan dan dibuka kembali untuk umum pada tahun 2004. Di taman ini terdapat jalan setapak yang menghubungkan rumah teh, rumah tempat istirahat, dan beberapa jembatan.

Railway Park

Dibuka pada tahun 2011, SCMAGLEV and Railway Park adalah museum kereta api dari Japan Railways Central (JR Central), mungkin kalau di Indonesia dibilang KAI, jadi kalau di Indonesia ini adalah museum kereta api. Museum ini bertujuan untuk mendidik pengunjung tentang kemajuan teknologi perkeretaapian di Jepang dan menampilkan sejumlah kereta termasuk lokomotif uap bersejarah, rekor dunia pengaturan shinkansen eksperimental (kereta peluru) dan yang terbaru kereta melayang magnetik (maglev).

shinkansen bersejarah dan kereta ekspress yang ada di Railway Park - japan-guide.com

Sedikitnya 39 trem yang sudah tidak aktif ada di sini, Di sini juga ada bagian khusus yang didedikasikan untuk kereta maglev dan rencana JR Central untuk membangun link maglev berkecepatan tinggi antara Tokyo dan Osaka.

Museum ini juga rumah salah satu diorama kereta terbesar di Jepang, dengan kereta miniatur berjalan melalui rkereasi sangat rinci dari Osaka, Nagoya dan Tokyo. Koleksi lain menampilkan artefak sejarah dari hari-hari awal kereta api Jepang. Sebuah panduan audio bahasa Inggris yang sangat baik tersedia untuk disewa 500 yen.

Toyota Factory

Produsen mobil terkemuka Jepang, Toyota, memiliki kantor pusat dan banyak plant produksi dalam negeri di wilayah sekitar Nagoya. Di sebelah markas ini berdiri Museum Kaikan Toyota, di mana Toyota kepada publik secara berkala .

Kaikan Museum juga berfungsi sebagai titik pertemuan untuk wisata tanaman. Tur diadakan sekali setiap hari dari Senin sampai Jumat dalam bahasa Inggris dan Jepang. Tur berlangsung sekitar dua jam dan bebas biaya.

Proses pembuatan mobil - japan-guide.com

Yang menarik selanjutnya terdapat Museum Toyota Techno atau dikenal juga segbagai Commemorative Museum of Industry and Technology)di pusat Nagoya. Museum ini memperkenalkan sejarah Yoyota dari awal sebagai produsen mesin tekstil dan juga dilengkapi banyak pameran teknologi otomotif dan proses produksi mobil.

Penggemar mobil juga harus mempertimbangkan kunjungan ke Museum Otomotif Toyota yang memamerkanmobil Jepang, Eropa dan Amerika dari tahun 1800an sampai 1960an.

Sakae

Ini salah satu tempat wajib di Nagoya yang wajib dikunjungi. Di sinilah pusat perbelanjaan dan mall-mall Nagoya berkumpul. Selain itu, ada 2 tempat menarik yang bisa dikunjungi, Nagoya TV Tower dan Oasis 21.

Penampakan sake - japan-guide.com

Nagoya TV Tower adalah landmark tua di Nagoya. Selesai dibangun pada tahun 1954 yang merupakan TV tower pertama di Jepang. Mungkin ikonik ini mirip seperti tower TVRI di Jakarta. Tinggi Nagoya TV Tower ini 180 meter. Satu lagi Oasis 21 yang juga landmark di Nagoya. Namun lebih futuristik. Dibuka tahun 2002 berisi highway bus dan beberapa restoran.

Mengingat Sakae adalah sarat tempat belanja dan restoran, ada menu-menu wajib di Nagoya yang harus diicip-icip. Pertama Hitsumabushi, adalah belut panggang pakai nasi. Jepang memang terkenal dengan kuliner air.

Tampilan Hitsumabushi - nagoya-info.jp

Ada lagi namanya Kishimen, seperti ramen, tapi mie-nya lebih gepeng. Buat yang muslim awas, ini mengandung sake. Kalau penasaran banget, pesan saja tanpa sake. *kalau-bisa*

Tampilan kishimen - wikimedia.org

Ada satu lagi yang khas, namanya Tebasaki. Disebut juga sebagai sayap ayam goreng ala Jepang. Rasanya pedas, tapi juga ada rasa unik untuk anak-anak. Ada rasa es krim baru-baru ini. Menarik ya.

Tampilan Tebasaki - norecipes.com

Ajib banget ya? Soal akses/transportasi tidak perlu khawatir. Seperti kota-kota di Jepang lainnya, Nagoya sudah sangat bersahabat bagi yang ingin berkendaraan umum ria. Lihat deh peta transportasi yang ada di Nagoya di bawah ini.

Peta transportasi Nagoya - japan-guide.com

Lihat gambar di atas, mau jalan-jalan ke mana pun ada jalurnya. Oh iya, Jepang juga kan sedang menggalakkan wisata mereka ke banyak negara muslim. Dinas pariwisata mereka sangat gencar berburu sertifikat halal. Jadi, sedikit tidak perlu khawatir soal makanan khalal. Apalagi khusus Indonesia dan Malaysia bebeas visa katanya. Jadi pingin ke Jepang.

Datang liburan musim panas di Jepang rasanya paling cocok untuk turis yang berasal dari negara tropis seperti Indonesia. Salah satu agen perjalanan wisata yang sudah punya nama yang bisa dipakai contohnya seperti HIS. Saking terpercayanya, H.I.S bekerjasama dengan ANA (All Nippon Airways) yang disingkat HAnavi. Yang tentu memudahkan rute perjalanan wisata.

Satu lagi nih, kalau datang pas musim panas ke Nagoya, banyak banget festival yang digelar di kota ini. Ada yang hot! Cocok banget buat yang senang sama samurai. Namanya 1 Day Walking tour in Nagoya - Discover Samurai City Nagoya!. Selama seharian deh tuh jalan-jalan keliling Nagoya. Lihat kastilnya dan lihat-lihat bangunan tua zaman samurai.

Nagoya Castle Festival - nufc.co.id

Jangan heran juga kalau malam di musim panas lebih ramai dari malam-malam biasa. Karena tentu lebih hangat dan sangat cocok untuk keluar rumah. Salah satu alasan keluar malam di musim panas Nagoya adalah Nagoya Castle Summer Night Festival. Seperti namanya, diadakan di Kastil Nagoya. Yang pasti bakal banyak Chochin (lampion kertas) di sana, Dan meriah.

Festival kembang api Nagoya Port - japancheapo.com

Satu lagi festival yang paling yahud. Namanya Nagoya Port Festival. Sebagai kota berpelabuhan, tentu tidak lengkap jika pelabuhan tidak dijadikan destinasi. Festival ini menjadi semakin spesial karena juga dilengkapi dengan melody hanabi (pertunjukan kembang api yang diiringi dengan instrumen musik)

Nagoya benar-benar kota lengkp. Satu kota yang sudah jadi paket komplit liburan di Jepang. Semoga kelak bisa menyambangi kota ini pada liburan musim panas mendatang bersama #HISSummerTrip. Amin

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

Sumber :

apakabardunia.com
japan-guide.com
nagoya-info.jp
his-travel.co.id
his-travel.co.id/japan-tour-hanavi
Facebook HISTravelIndonesia
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment