Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Setelah Kita Mati

Ilustrasi kematian - news.okezone.com

Setiap yang hidup pasti mati. Iya, pasti! Kematian bagi banyak orang adalah hal yang menakutkan. Ketakugannya beragam. Bagi orang yang beragama dan merasa banyak sekali dosa, mungkin takut akan hukuman TUHAN dan ditempatkan dalam neraka. Bagi yang mencintai dunia, mungkin khawatir bahwa tidak bisa menikmati nikmat dan indahnya dunia lagi. Atau ada juga yang takut berpisah dari orang-orang yang dikasihi.

Tapi apa yang terjadi pada tubuh kita setelah kita meninggal?

Yang pasti ketika kita meninggal, maka kita akan berhenti bernafas. Bernafas adalah proses mentransfer oksigen ke sel-sel tubuh. Dengan berhentinya bernafas, maka sel-sel yang sejatinya menerima oksigen akan terhenti penerimaan oksigennya. Tapi karena sel-sel di tubuh kita ini terus hidup, maka sel-sel tersebut akan menghasilkan karbon dioksida. Karbon dioksida ini terus berkembang menggelembung menjadi asam karbon dan pecah.

Setelah satu minggu, cairan yang keluar dari asam karbon ini 'memakan' sel-sel dari dalam ke luar ini menjadi nutrisi dan bahan bakar yang menggiurkan bagi bakteri dan jamur. Dengan pesatnya pertumbuhan bakteri dan jamur ini, proses pembusukan organ dan otot menjadi lebih cepat.

Ditambah lagi dengan bergabungnya mikroba yang turut 'memakan' jaringan, menghasilkan lebih dari 400 bahan kimia dan gas. Diantaranya freon, cairan pendingin yang ditemukan di lemari es. Benzene, komponen kuat dalam bensin. Sulfur yang berbau seperti selokan. Dan macam-macam gas lain. Jadi, jangan heran kalau mayat mengeluarkan bau busuk yang tajam. Karena memang banyak sekali gas yang dikeluarkan oleh tubuh yang membusuk. Semua tergantung jenis mikroba yang 'memakan' organ.

Selanjutnya daging yang masih tersisa kemudian dikonsumsi oleh belatung dan kumbang. Para belatung dan kumbang ini hanya menyisakan tulang belulang yang tidak bisa dikonsumsi. Seiring berjalannya waktu, tulang belulang ini juga akan terurai dan menyatu bersama tanah.


Akhirnya, setiap manusia hanya akan kembali pada alam.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment