Raksasa Teknologi Berlomba Hubungkan Dunia, Kenapa?

Ilustrasi dunia yang terhubung - hsra.com

Tahukah kamu, bahwa masih ada 57% penduduk dunia masih belum bisa mengakses Internet, atau sekitar 4.2 milyar orang. Itu adalah laporan dan UNBC alias United Nations Broadband Commision.
Data ini muncul setelah akhir 2014 dicetuskan bahwa internet adalah hak asasi manusia. Sepertinya data 57% yang belum mengakses itu sebagai tamparan keras bahwa masih banyak manusia yang belum terpenuhi hak asasinya.

Nah, karena isu ini lah ada tiga raksasa perusahaan teknologi dunia memiliki program untuk "menghubungkan" dunia dengan internet. Mereka adalah Google, Microsoft dan Facebook.

Microsoft Affordable Initiative

Ini adalah program Microsoft. Raksasa IT ini memberikan umpan bagi para pencetus teknologi. Konsepnya Your solution, Our support. Ini seperti kompetisi antar individu lintas negara dan benua. Ide-ide dikumpulkan, lalu dipilih yang terbaik.

Hasilnya sudah diumumkan. Pemenangnya terdiri berasal dai 11 negara dari 5 benua. Dan yang membanggakan, salah satu konseptor dari Indonesia masuk jajaran elit yang disuport oleh Microsoft. Mereka adalah Kelase. Oh iya, untuk daftar yang dipilih oleh Microsoft, bisa dilihat pada halaman Meet The Winner.


Ilustrasi fungsi kelase - capture kelase.com

Tentang Kelase sendiri bisa dilihat di www.kelase.com. Dalam situsnya, kelase memaparkan bahwa tujuan lahirnya kelase untuk membantu lembaga pendidikan dan komunitas menyediakan layanan online untuk kolaborasi, pembelajaran, dan pertukaran pengetahuan dengan berbagai fitur dan kemudahan akses.

Saat ini kelase sudah memiliki 32 ribuan pengguna yang tergabung dalam 2.400an kelas online. Juga didukung dengan konten edukasi sebanyak 800an dan berisi 16.500an soal. Eh tapi ada yang aneh. Kenapa pada halaman Inspiration tidak ada nama kelase di peta global milik microsoft pada websitenya ya? Aneh.

Project Loon

Ini adalah project dari raksasa mesin pencari online Google. Dibawah naungan google-x, project loon mulai menggeliat. Bahkan beberapa waktu lalau sempat mencoba untuk masuk Indonesia dan sempat berkomunikasi dengan Menristek dan petinggi-petinggi provider di Indonesia.

project loon - capture olveforx.com/loon

Untuk hasil percobaannya bisa dilihat pada video youtube di bawah ini :


Internet.org

Yang terakhir adalah karya dari Facebook punyanya Mark Zuckerberg. Sudah lama internet.org yang gratis ini bekerjasama dengan Indosat yang sekarang ganti nama jadi Indosat Ooredoo. Buat pengguna IM3 sekarang kalau mau akses facebook bisa gratis. Ya tapi gitu, tidak bisa load post foto dan video.

Nah perkembangan terbaru soal internet.org ini sedikit lebih canggih jika dibandingkan dengan konsep project loon milik google. Saat ini facebook sedang mengembangkan drone yang penggunaan energinya efisien, menggunakan tenaga cahaya matahari untuk menghubungkan dunia.


Facebook sadis ya. Dari perusahaan social media menjelma jadi perusahaan dengan budget riset besar hingga bisa menciptakan teknologi di atas.



Nah, kira-kira butuh waktu berapa lagi hingga seluruh dunia bisa terhubung dengan internet? Kapan kira-kira hak asasi internet bisa terealisasi. Sebenarnya sih kalau berpikir bahwa para raksasa teknologi sedang menyiapkan kolam untuk market mereka juga bisa sih. Tapi sekarang berprasangka baik saja dulu. Bahwa mereka sekarang sedang berlomba-lomba untuk menghubungkan dunia.

SEMUA BISA TERHUBUNG.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment