Kendaraan Canggih, Hanya Satu Roda

Monocycle dalam film MIB - autocarscenter.blogspot.co.id/
Masih ingat dengan film Men In Black 3 yang rilis 2012 lalu. Film animasi ini menghadirkan kendaraan-kendaraan dan senjata-senjata canggih. Salah satu kendaraan unik yang dihadirkan pada film ini adalah Monocycle. Kendaraan ini dimunculkan pada film ini ketika agen K muda dan J sedang mengejar Boris the Animal yang kabur. Saat itu mobil Ford Galaxie yang yang mereka tumpangi hancur oleh Boris the Animal. K lalu mengeluarkan kendaraannya. Sebuah kendaraan monocycle. Seperti motor, kendaraan ini lincah dan kencang.

Tapi ternyata konsep mengenai monowheel (sebutan untuk kendaraan roda satu) ini sudah muncul idenya sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Adalah  Flying Yankee Velocipede yang sudah lebih dulu membuat kendaraan roda satu besar yang digerakan dengan pedal tangan.

Ragam kendaraan onewheel - wikipedia

Kemunculan monowheel kemudian hadir pada tahun 1931 oleh Goventosca. Lalu muncul lagi pada 2011 dalam Doo Dah Parade di Columbus, Ohio.

Perkembangan monowheel tentu semakin canggih. Terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi gyroscope sebagai penyeimbang. Gyroscope ini adalah teknologi yang juga diterapkan pada helikopter. Dengan gyroscope ini, benda menjadi lebih stabil dan seimbang dengan patokan gravitasi bumi.

One Wheel Moge - youtube.com

Monowheel sekarang menjadi Monocycle. Salah satu yang sempat menjadi viral adalah Moge monowheel yang berpurtar-putar di lapangan parkir. Motor dengan satu roda lalu berkembang lagi menjadi satu roda di bawah. Persis seperti sepeda satu roda yang sering dipertunjukan badut di sirkus memamerkan keseimbangan dan keahlian. Sambil mengandarai sepeda roda satu, badut ini kadang sambil melempar-lempar (jugling) lebih dari dua bola.

Sebut saja namanya Ryno Motor. Teknologinya sama seperti yang sudah-sudah, ada penyeimbang agar tidak jatuh. Modelnya pun lebih sporty jika dibandingkan generasi sebelumnya. Harganya pun lumayan, sekitar 15 ribu USD untuk satu unitnya. Barang ini sudah masuk Indonesia belum ya? Tapi sepertinya belum. Pusing juga kalau ada orang Indonesia yang beli Ryno Motor ini. Service ya gimana?

Ryno Motorcycle - wonderfulengineering.com
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment