Mudik Pertama, MPASI Pertama

Barang bawaan mudik

Lebaran tahun ini adalah lebaran yang mendebarkan buatku. Ya kan lebaran tahun ini kami sudah diberi jagoan ganteng yang montok. Jadi, ketika kumpul keluarga pasti Damar akan jadi bintang. Akan dikerubungi para om-tante dan para abah-mimihnya. Semakin deg-degan karena ini adalah mudik pertamaku dan perjalanan panjang pertama bersama anak.

Setelah pencarian tiket kereta api yang gagal, akhirnya kami memutuskan untuk mudik dengan menggunakan travel Jakarta - Tasikmalaya dari Visindo Travel.

Cerita perjalanan mudik : Pengalaman Mudik Pertama Bersama Anak


Narsis bareng anak di travel. lokasi Tol Cikampek
Narsis di rest area tol Cipularang

Beruntung perjalanan kami terbilang lancar. Kata abang, normalnya perjalanan memakan waktu lima sampai 8 jam. Kami dijemput di Cilandak Town Square sekitar jam 1 siang. Dan tiba di Tasikmalaya (di rumah) sekitar pukul 8 malam. Normal lah perjalanan sekitar 7 jam.

Besok adalah hari besar untuk Damar. Tepat besok 1 Juli 2016 adalah tepat usia Damar menginjak 6 bulan, artinya besok adalah makanan pendamping pertama yang akan dicicipi Damar. Aku sudah bawa persiapan MPASI untuknya. Memang tidak sekomplit yang ada di rumah, tapi cukup untuk membuat segala keperluan MPASI selama mudik.

H-2 mpasi dan ini sebagian perlengkapan yang dah di beli. Banyak yah sendoknya, iya emaknya sering jatohin sendok soalnya, jadi biar punya sendok bersih terus. . Sebagian ada yang beli ada yang kado. Alat makan pigeon dari temen kantor ayah Slow cooker dari mamsky @ahadinikarimah tante nisa love you both. makasih ching n mommy chibi kiss kiss dr damar . Set makan Mata dari tante @christyshamry emang maha mendengar tau aja emaknya lagi pengen inih. Makasih tante christy. Kiss kiss dr damar . Baby cubes, sendok little giant, sendok muchkin, take & toss, pigeon magmag beli di mae bebe bintaro. Pigeon foodmaker beli di orami lagi diskonan dapet 200 . Booster seat blom punya, bismillah semoga ngebatin yg ini di kabulin allah jg 😄 . Penghangat botol belom ke poto dari tante yoma cantik @trierizney . #mpasi #bcjan16 #persiapanmakan #bayimaumakan Mari makan menyusul manteman @bcjanuary16
A photo posted by @rhenn11 on

Hari pertama, aku mau coba beri bubur nasi ke Damar. Ya namanya juga emak-emak, sudah mulai sibuk rebus beras dari pagi. Setelah sahur, aku dibantu mamah (aku panggil mamah ke ibu mertua). Padahal aku sudah bilang enggak usah bantu, biar nyobain sendiri. Ya namanya nenek, pasti pingin juga ikut riweuh ngurus cucu.


Okeh, saatnya icip-icip makanan pendamping ASI pertama. Seperti yang diingatkan dokter, ini adalah makanan pendamping, jadi usahakan agar tetap menjadi makanan pendamping. Tidak usah harus diberimakan terus, karena makanan utamanya tetap ASI. Dan paling banyak total yang diberikan selama 3 bulan pertama MPASI adalah 3 sendok makan saja.

Makan pertama Damarion, bubur beras

Hari kedua, aku mau kasih Damar bubur kentang. Iya, cuma kentang aja. Selama satu bulan kedepan, aku akan kasih semua makanan yang layak untuk Damar, tapi hanya satu jenis saja paling lama selama tiga hari. Katanya ini untuk mengindikasi secara dini apakah Damar punya alergi atau tidak. Dengan satu jenis makanan ini, maka akan lebih mudah mengetahui penyebab alergi. Kan kalau sudah diketahui penyebab alerginya, bisa langsung ditindaklanjuti.

Damarion makan bubur kentang

Alhamdulillah makannya cukup menyenangkan. Berantakan sih sudah pasti, kan masih belajar makan. Jadi, tidak masalah. Yang penting, Damar terlihat sangat excited waktu diberi makan. Bahkan seringkali sendok ditarik sendiri dan dimasukkan ke mulutnya.

Udara di Tasikmalaya ini juga sejuk. Walaupun panas terik di luar, tapi jika di dalam rumah terasa sejuk dan dingin. Airnya juga langsung dari kaki gunung galunggung. Dinginnnnnnn...

Kayaknya kulit Damar akan semakin kinclong di sini. biang keringatnya akan semakin berkurang. Dan bisa berlebaran di sini dengan hepi. Lihat saja gaya Damar dengan gamis ini pada saat hari raya.


Oh iya, Jangan lupa event dari Diaryhijaber.com yaitu Hari Hijaber Nasional, pada waktu berikut:

Nama Acara : Hari Hijaber Nasional
Waktu : 07 Agustus 2016 – 08 Agustus 2016
Tempat : Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat


Cerita lain tentang Lebaran


Libur Lebaran 2016 :

(1) Mudik Pertama Bersama Anak
(2) Bakso Khas Tasikmalaya
(3) Naik Bukit Belakang Rumah
(4) Pesona Safari Malam
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment