From Zero to Hero ala God of Egypt

Poster God of Egypt - independent.co.uk
Ini nih film yang menceritakan dewa-dewi Mesir serta polemik di dalamnya. Setelah beberapa kali saya hanya menikmatinya lewat teori konspirasi dan cocoklogi, akhirnya bisa tahu lebih banyak certa dewa-dewi Mesir kuno juga.

Pada film ini digambarkan bahwa dewa-dewi hidup berdampingan dengan manusia. Raja segala dewa, Osiris akan menurunkan tahtanya pada anaknya Horus. Pesta besar diadakan. Seluruh dewa-dewi datang dari segala penjuru Mesir memberikan ucapan selamat dan larut dalam  pesta. Tak terkecuali pasangan Bek dan Zaya si manusia fana yang juga turut hadir. Oh iya, Bek adalah tokoh utama dalam cerita ini yang from zero to hero.

Dalam upacara penobatan tersebut, hadir pula Set yang merupakan adik dari Osiris. Set memberikan hadiah berupa terompet dari gading pada Horus. Saat Horus meniupnya, muncul sekumpulan pasukan dari ujung gerbang membuat barikade. Ternyata Set punya rencana lain. Pada hari penobatan Horus ini, Set ingin merebut tahta Osiris menjadi raja dewa.

Set - dailymail.co.uk
Set menantang Osiris bertarung. Osiris yang menolak, tetap saja dibunuh oleh Set. Tak terima ayahnya dibunuh, Horus lantas bertarung dengan Set. Pertarungan dewa di film ini digambarkan mereka bisa mentransformasi bentuk tubuh mereka menjadi bentuk dewa yang perkasa.

Set vs Horus - oneroomwithaview.com
Horus ternyata kalah perkasa dibandingkan Set. Kedua mata Horus yang menjadi sumber kekuatannya kemudian dicungkil paksa oleh Set. Horus kehilangan kekuatannya. Sejak saat itu dunia persilatan Mesir dikuasai sepenuhnya oleh Set yang kejam. Saking kejamnya, Set menjadikan para manusia fana sebagai budak. Sementara dewa-dewi lain hanya dijadikan pesuruh saja. Hanya yang berguna saja yang diangkat derajatnya.

Zaya dan Bek si manusia fana yang jadi tokoh utama film ini pun tak luput dari kekejaman Set. Zaya menjadi pesuruh dari seorang arsitektur yang membangun monumen untuk Set. Sementara Bek menjadi pekerja kasar membuat monumen untuk Set.

Bek dan Zaya - azeemsheikh.com
Zaya yang masih setia pada Horus terus memaksa Bek untuk membantu Horus. Bek akhirnya mau menuruti keinginan Zaya lantaran Zaya memiliki cetak biru tempat penyimpanan mata Horus. Singkat cerita Bek berhasil mendapatkan satu mata Horus di tempat yang penuh dengan jebakan mematikan itu. Bek kembali pada Zaya untuk mengantarkan mata Horus pada pemiliknya. Namun dalam pelarian menuju tempat pembuangan Horus, Zaya menemukan ajalnya karena anak panah menembus dada oleh sang arsitek.

Bek berhasil bertemu dengan Horus. Mereka kemudian berselisih hingga akhirnya menemukan kata sepakat. Bek akan membantu Horus mendapatkan mata satunya lagi dan membantunya melawan Set. Sementara hal yang didapatkan Bek adalah Horus harus bisa menghidupkan kembali Zaya.

Sampai sini, disingkat-singkat aja ya ceritanya. Capek juga nulisnya.

Ra si Dewa Matahari - capture youtube.com
Untuk mendapatkan kekuatannya kembali dan mengalahkan Set, Horus harus menemui kakeknya Ra. Di sana Horus mengambil air abadi untuk memadamkan Api Gurun sumber kekuatan Set. Hanya dengan setetes air abadi tadi, Api Gurun akan padam dan kekuatan Set akan melemah, saat itu lah Horus bisa mengalahkan Set dengan mudah. Tapi misi selanjutnya adalah mengambil satu lagi mata yang masih disimpan Set untuk mendapatkan kekuatan penuh.

Singkat cerita Horus mendapatkan kabar bahwa Matanya yang satu lagi disimpan pada piramid yang dijaga oleh Spinx. Spinx dalam mitologi Mesir adalah Dewa yang jago dalam teka-teki. Dan untuk memuluskan jalannya, Horus meminta bantuan Toth, Dewa yang paling pintar.

Thoth - bustle.com
Set yang sudah menjadi Raja Dewa juga terus menambah kekuatannya. Dirinya bahkan melumpuhkan ayahnya sendiri Ra dan mendapatkan senjata andalan Ra. Sementara Horus dan kawan-kawannya akhirnya gagal mendapatkan Mata karena diakhir perjalanan mereka justru dihadang oleh Set sendiri.

Set dan Horus lalu kembali bertarung sejadi-jadinya. Walaupun Horus hanya bermodalkan satu mata, karena tekad memenuhi janji pada Bek, Horus menjadi beringas. Set kemudian berhasil dikalahkan dan dibunuh oleh Horus. Dalam pertarungan ini, Bek terbunuh. Horus kemudian menjadi Raja Dewa. Horus kemudian memohon pada Ra untuk memenuhi yang ia janjikan pada Bek, menghidupkan Bek dan Zaya.

Setelah Bek dan Zaya dihidupkan, Horus menjadi lebih bijak dan dewasa. Tidak kekanak-kanakan saat Osiris ingin mengangkatnya menjadi Raja Dewa, dan tidak ganas seperti Set. Dia sangat bijak. Lantas from zero to hero-nya dimana? Bek yang tadinya adalah manusia fana jelata, sekarang menjadi penasihat Raja Dewa. Bahkan menjadi sangat dipercaya oleh Horus.

Begitulah cerita singkatnya dari film God of Egypt. Kurang seru? Tonton aja lah sendiri! CGInya keren. Berasa nonton Saint Seiya versi Hollywood. Kueren!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment