Dua Inovasi Untuk Lego Yang Menjadikan Lego Bisa Membuat Apapun

Ilustrasi Lego - dclibrary.org
Pecinta mainan mana yang tidak kenal dengan LEGO? Jangan mengaku pecinta mainan kalau tidak mengenal LEGO. Atau bahkan kalau belum pernah bermain LEGO, ya jangan ngaku sebagai pecinta mainan juga. Karena LEGO ini adalah salah satu mainan paling populer di dunia. Balok-balok kecil warna-warni sudah banyak sekali pecintanya. Tidak terbatas pada anak-anak saja pecintanya. Tapi juga orang tua. Karena LEGO ini sudah berumur cukup tua.

Baca : Sejarah LEGO

Tak hanya sejarah panjangnya saja yang menarik. LEGO sekarang tumbuh dengan tambahan produk dari orang lain yang melengkapinya. Ada dua produk yang kemudian sangat digandrungi di awal kemunculan idenya. Pada crowdfunding bernama kickstarter, dua konsep masa depan LEGO ini sangat menjadi perhatian.

FLEXO


Ukuran Flexo - flexo.nz
Dari namanya sudah bisa dibayangkan lah ya. Ini adalah sesuatu yang fleksibel. Dan tentu saja ketika muncul pada artikel mengenai LEGO, bisa dipastikan benda fleksibel ini bisa digunakan untuk LEGO. Dengan tambahan FLEXO ini, bata LEGO akan menjadi lebih canggih dan lebih yahud. Bukan hanya bentuknya yang semakin kreatif, tapi juga penggunaannya menjadi lebih luas. Bahkan bisa digunakan.


Sudah kelihatan lah ya kalau dengan tambahan FLEXO ini bahkan kita bisa membuat wearable LEGO seperti kalung anjing atau jam tangan misalnya. Semakin kreatif.


BRIXO


Brixo - Kickstarter
Satu lagi nih yang melengkapi LEGO menjadi mainan super lengkap. Namanya BRIXO, adalah bata-bata seperti LEGO yang bisa membuat rancangan LEGO menjadi lebih hidup. Dengan BRIXO, bangunan LEGO berubah menjadi seperti mesin elekrik kecil yang canggih. Susah menjelaskannya ya. Biar gampang, coba lihat video di bawah ini :


Nah, sudah kelihatan kan maksud dari BRIXO ini? Lantas bagaimana BRIXO bekerja?

Ada tiga jenis balok pada BRIXO ini. Trigger Block, Connector Block dan Action Block.

Trigger Block adalah balok yang memiliki sensor untuk kemudian mengirimkan perintah agar Action Block bekerja. Trigger Block ini bisa menerima sensor melalui bluetooth, sensor cahaya, sensor suara dan sensor jarak. Keren ya.

Connector Block adalah balok-balok yang menjadi konduktor untuk menghantarkan listrik agar Trigger Block bisa berkomunikasi dengan Action Block.

Ini yang bikin BRIXO canggih. Action Block adalah balok bekerja sesuai fungsinya. Ada dua fungsi di sini, motor dan lampu LED.

Itu tuh, dua inovasi yang bisa bikin LEGO semakin bisa membuat apapun. Kalau saya sih sekarang kepikiran untuk bikin kalung leher yang ada kipasnya. Jadi kalau panas, tinggal klik di smartphone, lalu angin berhembus. Segaaarrrrr....

Kalau kamu mau bikin apa?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment