Google Panoramio Wafat

Tampilan Google Panoramio - capture
Satu lagi nih layanan online yang akhirnya menemui ajal. Layanan online biasanya diwafatkan karena banyak hal. Bisa jadi karena sudah tidak laku (tidak banyak peminat), biaya yang mahal dan lain sebagainya. Yang selanjutnya diwafatkan dalam waktu dekat ini adalah Google Panoramio.

Apa itu Google Panoramio?

Jadi gini, Google itu kan sudah punya Google Map dan Google Earth. Ceritanya Panoramio ini untuk melengkapi kedua layanan itu tadi. Jadi semua orang bisa mengunggah foto-foto menariknya sesuai dengan titik yang ada di Google Map dan Google Earth. Ya ceritanya ini semacam hot spot untuk view-view bagus di tempat tersebut.

Saya sempat mengenal Panoramio ini sekitar tahun 2009. Lumayan keranjingan lah intip-intip tiap hari sambil menjelajah dunia melalui foto-foto keren sampai kesibukan membunuh waktunya sendiri (yaelah bahasanya)

Google Local Guide
Lantas siapa penggantinya? Tuh lihat saja gambar di atas. Penggantinya adalah Google Local Guide. Bagi yang menggunakan aplikasi Android yang berbasis Google dan selalu online, pasti pernah merasakannya.

Pernah gak waktu checkout dari hotel, tiba-tiba ada notifikasi untuk memberikan rating pada hotel tersebut. Atau setelah makan di restoran diminta notifikasi untuk memberikan rating. Atau lain-lain sebagainya. Nah itu adalah Google Local Guide.

Google sudah memata-matai kita! Hahaha, sadis ya pernyataannya? Tapi ya memang begitu kenyataannya! Segala aktifitas kita bisa saja dibuntuti oleh Google. Keren ya si Google ini. Pokoknya sadis!

Terus untuk apa data-data ini? Pernah lihat Google Trip? Ya untuk panduan pariwisata bagi turis di kota yang belum pernah dia datangi. Atau untuk data pelengkap di POI Google Map. Pokoknya semua masuk database google yang cuanggih itu.

Sekarang balik lagi ke soal Panoramio.

Kenapa diberhentikan? Katanya sih kepingin investasinya fokus pada Google Map saja. Tidak akan mengembangkan engine lain di luar Google Map. Jadi, foto-foto yang ingin ditag pada lokasi bisa tinggal upload saja di Google Map. Caranya lihat di sini.

Panoramio ini akan benar-benar berhenti pada tanggal 4 November 2016 nanti. Artinya tinggal satu bulan lagi nih. Tapi tidak perlu khawatir, terlebih bagi yang menggunakan Panormaio dengan linked account Google. Tinggal semua sudah masuk archieve, bisa diunduh atau bisa langsung menjadi kontributor pada Google Local Guide.

Segala penjelasan mengenai wafatnya Google Panorami bisa dilihat pada link artikel berikut ini.

Sekali lagi, hal ini membuktikan bahwa segala teknologi tidak ada yang abadi. Super sekali..!!!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment