Alat Ini Bantu Produksi BioGas Instant

Ilustrasi biogas - hortgro-science.co.za
Energi fosil kian hari kian menghawatirkan akan habis. Itu lah sebabnya banyak orang berlomba-lomba mencari dan menciptakan energi terbarukan. Salah satu bentuk energi terbarukan yang populer adalah BioGas. Gas yang tercipta dari pembusukan benda organik.

BioGas bukanlah hal baru dalam teknologi energi.Ini barang lama yang sudah ada sejak dulu sekali. Saya pernah melihatnya di sebuah museum sekitar pertengahan Sekolah Dasar. Ya kurang lebih pada pertengahan 90an. Sebuah teknologi yang unik dalam menciptakan energi.

Kenapa unik, karena gas yang dihasilkan berasal dari fermentasi dari bahan-bahan organik. Tau gak bahan organik itu apa? Itu seperti rumput kering, sisa-sisa makanan dan tentu saja termasuk kotoran manusia di dalamnya. Iyes, kotoran manusia bisa menghasilkan gas yang dapat menggantikan gas elpiji untuk memasak di rumah. Tahu kan harus gimana? Kita sekarang harus hati-hati, karena bisa jadi septic tank yang ada di rumah kita meledak seperti ledakan yang terjadi di kampung gajah sebuah tempat pembuangan akhir di Jawa Barat, Hahaha.



Seksinya BioGas membuat banyak badan dunia yang memperkenalkan energi murah ini. Salah satunya yang diprakarsai hivos dan SNV yang kemudian bekerjasama dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral. Kerjasama ini digabungkan dalam wadah Yayasan Rumah Energi dengan program yang diberinama BIRU. Program seksi ini sudah dimulai sejak Mei 2009 lalu dan tercatat hingga November 2015 sudah membangun 16.015 kantung biogas yang tersebar di sembilan provinsi di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program BIRU ini bisa dilihat pada situs biru.or.id. Banyak sekali lembaga-lembaga internasional di belakang program ini. Tapi kayaknya sejak ganti mentri, program ini seperti sedang mencari induk. Belum ada update di websitenya.

Biogas yang semakin seksi ini juga kemudian hadir dalam bentuk yang instan yang cukup disimpan di belakang rumah saja. lihat saja video di bawah ini :

Bayangkan jika instalasinya sudah banyak di komplek-komplek yang memiliki halaman belakang. Atau instalasinya bisa dibuat untuk satu blok, satu alat. Betapa murah energi yang akan digunakan. Tidak perlu lagi khawatir harga gas 3kg naik turun. Tinggal bagaimana alat ini bisa hadir dengan sangat mudah dan aman.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment