Dengan Sarang Ini, Mudah Panen Madu

flow hive - indiegogo.com
Namanya Flow Hive. Awalnya dikenalkan pada sebuah situs crowdfunding bernama indiegogo. Sebuah rumah lebah yang revolusioner yang sangat berguna pada saat memanen madu. Seperti yang diketahui, untuk memanen madu dari sarang lebah, sangat menyiksa dan sangat melelahkan. Bayangkan saja! Untuk memanen madu, artinya harus membongkar sarang lebah yang berisi sang ratu. Dan tahukah kamu, kalau lebah itu punya jiwa nasionalis yang tinggi? Jadi kalau ada pengganggu, pasti akan diusir! Dan mereka rela mengorbankan nyawanya.

Karena sifat lebah yang patriot itu, panen madu menjadi ritual yang merepotkan dan membahayakan. Maka cara tradisional (sebut saja cara tradisional sebelum alat ini ditemukan) juga sangat merepotkan. Begini caranya :

Pertama, gunakan pakaian pelindung!

Pakaian anti lebah - wikihow.com
Kedua, untuk menghindar dari lebah yang menyengat, gunakan asap untuk mengusir lebah. Kasihan ya lebahnya.

Asapi lebah - wikihow.com
Ketiga, buka sarang lebah

Keempat, ambil sarangnya, lalu kerok madunya.

Kerok madunya - wikihow.com
Begitulah kira-kira bagaimana cara untuk mengambil madu dari sarang lebah. Kebayang enggak bagaimana ribetnya memanen madu tersebut? Jadi, jangan heran kalau harga madu juga mahal. Selain khasiatnya yang luar biasa, cara memanennya juga merepotkan.

Bagaimana dengan Flow Hive?

Dengan Flow Hive ini caranya sangat mudah! Seperti mengeluarkan air melalui keran. Tinggal putar saja, lalu madu mengalir dengan sendirinya. Asik ya? Mekanismenya sangat sederhana. Ruang-ruang segi delapan dimana biasa menaruh madu, dibuat flip, dimana saat keran (sebut saja begitu) diputar, dia akan patah sehingga madu akan mengalir. Sesimple itu, tidak mengganggu lebah yang ada di dalamnya.

Begini mekanismenya - indiegogo.com
Dan tahu tidak? Saat ini pengadaan Flow Hive sedang dalam kondisi yang tinggi! Karena demmand yang tinggi, mungkin baru lebih dari 3 bulan pesanan flow hive akan dieksekusi. Langkah inovatif!

Biar makin jelas, lihat saja video di bawah ini :


Gimana? Asik ya?
Share on Google Plus

1 komentar :