Ini Dia Kenapa Harga Jam Bisa Selangit

Salah satu jam paling rumit pembuatannya - FB Page @iflwatches
Saya ingat betul bagaimana Iwan Setyawan saat memberikan pandangannya tentang ekonomi kreatif di Indonesia. Dia dengan lantang mengatakan bahwa walaupun karya pengrajin Indonesia banyak, tapi masih banyak sekali yang belum sophisticated. Detilnya masih bisa diasah lagi dan prosesnya masih bisa diperdalam lagi. Jadi, jangan heran walaupun bahan kerajinan Indonesia nomor satu, tetap saja kalah saing karena hasilnya yang kurang memuaskan.

Begitu katanya saat menjadi salah satu narasumber pada acara JNE beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan sebuah video yang sangat-sangat luar biasa. Pembuatan sebuah jam tangan. Kalau dari pekerjanya, sepertinya dilakukan di belahan bumi lain. Mungkin eropa. Karena ini soal pembuatan jam, pikiran saya langsung mengacu pada SWISS. Karena memang negara itu adalah negara JUARA untuk soal Jam.

Pembuatannya menurut saya sangat SINTING! Ya dalam konotasi positif ya. Sangat luar biasa dan melelahkan. Persis seperti salah satu karakter dalam serial HERO, Sylar. Detil dan terperinci. Setiap komponen dibuat benar-benar menguras energi. Menontonnya saja dijamin bikin sesak. Ya setidaknya buat saya tidak terbiasa bekerja dengan benda-benda kecil. Saya pasng baut untuk kacamata saja sebalnya bukan main. Lah ini bekerja dengan komponen-komponen yang lebih kecil dari baut kacamata.

Bukan hanya benda-bendanya yang kecil, tapi juga setiap detil dari komponen jam ini sangat-sangat diperhatikan. Dari mulai kilau, mekanik, hingga guratan-guratan pantulan cahaya.

Nih! Tonton sendiri videonya :


Tapi sayang tidak disebutkan merk dan jam apa yang ada pada video di atas. Ya kan kalau tau merk dan modelnya, bisa dicaritahu berapa harga jualnya untuk sebuah jam tangan dengan pembuatan yang super teliti itu.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment