Ini Jamur Paling Mahal Di Dunia

Jamur Mario Bros
Masih ingat gak, waktu kecil dulu, saat kita bermain Mario Bros di Nintendo, si Mario atau Luigi akan berubah menjadi besar saat bersentuhan dengan jamur merah. Sementara nyawanya akan bertambah saat bersentuhan dengan jamur hijau. Sepertinya jamur begitu bekhasiat. Saking berkhasiatnya digunakan sebagai salah satu ikon game ini.

Sementara di belahan dunia lain di dunia nyata, ada juga jamur yang sangat berharga. Bisa jadi ini adalah jamur paling mahal di dunia. Karena segenggam jamur ini dihargai 10 ribu USD. Sebuah harga yang fantastis ya. Mungkin kalau dirupiahkan sekitar 11 juta. Yes, 11 juta hanya segenggam.

ophiocordyceps sinensis - microbewiki.kenyon.edu
Jamur ini sangat unik kemunculannya. Dia hanya muncul antara Tibet dan Himalaya. Jamur ini sebenarnya larva yang terinfeksi. Larva yang hidup di dalam tanah dan memakan akar-akar tanaman saja. Kemudian pada musim panas atau musim gugur ada jamur yang hinggap pada larva ini, bernama ophiocordyceps sinensis. Jamur ini memakan tubuh larva dewasa dari dalam secara perlahan-lahan.

Jamur yang memakan tubuh larva ini seperti memberikan sinyal pada larva untuk keluar dari dalam tanah. Tapi sebelum mencapai permukaan, larva ini pasti mati. Lalu jamur ini terus tumbuh hingga mendekati permukaan tanah pada musim semi. Bentuk akhirnya bisa dilihat pada gambar di atas.

Sudah kebayang kan ya kenapa jamur ini begitu mahal. Selain kemunculannya yang unik, jamur ini juga sulit ditemukan. Ya bayangkan saja dalam setahun hanya muncul sekali.

Jamur-jamur yang dipanen ini disebut Yartsa Gunbu. Menjadi simbol kemapanan bagi siapa yang memakannya. Itu sih dulu. Tapi sekarang, simbol kemapanan ini berubah menjadi simbol kesehatan karena jamur yang biasa diseduh bersama teh ini dipercaya bisa memperlambat penuaan. Sudah digunakan dalam pengobatan tradisional China dan Tibet.

Mau cari?

sumber : 

Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment