Mari Rayakan Kegagalan!

 Ilustrasi kegagalan - blog.tradersakti.com
Merayakan kegagalan, mungkin bagi banyak orang yang membaca ini akan mengatakan bahwa hal tersebut adalah kebodohan. Pasalnya, apa yang bisa dirayakan dari sebuah kegagalan? Yang ada hanya kekecewaan dan kekesalan saja. Mungkin tidak ada manfaatnya.

Tapi tunggu dulu!

Ada sebuah pelajaran berharga yang sempat dibagi oleh Sara Blakely, seorang founder sekaligus CEO dari Spanx. Buat yang belum tahu, Spanx adalah brand ternama untuk pakaian dalam wanita. Dan sepertinya tidak perlu dishare lah ya gambar-gambarnya seperti apa. Cukup direka-reka saja. Lagian kalau penasaran, bisa cari tahu sendiri.

Dalam sebuah kesempatan wawancara dengan Business Insider, Sara Blakely memaparkan pelajaran penting yang dittanamkan oleh ayahnya setiap hari. Hampir pada setiap makan malam, ayahnya selalu bertanya, kegagalan apa yang sudah kamu buat hari ini?

Bagi sebagian orang, pertanyaan seperti itu sangat ENGGAK banget dilontarkan. Mungkin terkesan menjatuhkan atau menceritakan aib diri. Tapi ada manfaat lain yang dirasakan oleh Sara. Melalui percakapan makan malam itu, Sara bersama saudara kandungnya diajarkan untuk menghargai kegagalan. Kegagalan yang biasanya menjadi hal yang memalukan justru berbalik menjadi motivasi untuk dirinya.


Business Insider: Spanx CEO On Failure from Eleanor Rigby on Vimeo.

Dari pembicaraan singkat mengenai kegagalan tersebut, Sara bersama saudara-saudaranya menjadi semakin optimis dan menghargai kegagalan. Kegagalan menjadi hal yang biasa. Mereka kemudian menjadi optimis dan berani melakukan sesuatu, dengan segala resiko yang akan terjadi tentunya. Tapi, hal yang positifnya adalah mereka tidak mudah menyerah. Karena, mereka sudah terbiasa gagal dan menghargai kegagalan tersebut.

Ketika menemui kegagalan, mungkin hanya ada dua kemungkinan, mencobanya lagi atau berhenti dan kapok. Lah kalau sudah terbiasa dengan kegagalan, maka percobaan-percobaan itu akan terus dilakukan sambil berkaca terhadap kejadian yang sebelumnya. Setidaknya, menurut Sara ad dua hal ketika kita merayakan kegagalan, belajar atas kegagalan atau menertawai kegagalan. Kan sudah biasa, jadi ya hepi aja!

Patut dicontoh nih!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment