Begini Tata Kelola Sampah Masa Depan

tempat sampah canggih - FB This Is Brainy
Apa sih yang bikin kita nyaman tinggal di lingkungan kita yang sekarang? Salah satunya tentu saja udara yang bersih dan bebas dari bau sampah setiap pagi.

Dan iya, tata kelola sampah sudah menjadi salah satu syarat sebuah lingkungan bahkan kota dikatakan sebagai kota yang maju. Jika tata kelola sampah sudah baik, maka kualitas hidup masyarakatnya pun akan semakin baik pula.

Salah satu tata kelola sampah yang mungkin terdepan saat ini dikelola oleh sebuah perusahaan asal Swiss bernama Villiger. Kalau dari websitenya di villiger.com, perusahaan ini sudah menangani urusan persampahan sejak 20 tahun dan sejak tahun lalu (2016) sudah bersertifikat ISO. Mereka juga mengklaim diri mereka sudah memiliki sistem pada lebih dari 150.000 instalasi di Swiss dan negara-negara sekitarnya.

Apa yang membuat mereka berbeda? Coba intip saja video di bawah ini :


Bagaimana? Sudah lihat kan video di atas? Kebayang gak bagaimana ribetnya membuat Tempat Penampungan Sementara untuk setiap wilayah? Bagaimana suplai listriknya, insfrastrukturnya dan lain sebagainya.

Mungkin instalasi model begini sangat cocok untuk developer-developer property skala besar yang punya keinginan untuk menciptakan kota mandiri. Jadi bukan hanya saluran air dan jalan raya saja yang dibuat super besar. Bisa jadi kelak sistem pengelolaan sampah juga dibuat modern seperti ini. (semoga saja ada pengembang properti yang membaca postingan ini)

Dan tentunya, seperti yang dilihat pada video di atas, bisa dilihat kan betapa mudahnya abang-abang petugas kebersihan mengambil sampah? Mereka tetap terlihat bersih dan gaya. Jadi, kelak tidak ada lagi petugas kebersihan yang kotor dan bau.

Eh tapi, semua itu bergantung juga pada kesadaran masyarakatnya saat membuang sampah juga sih. Kalau buang sampahnya jorok, ya sama aja. Tapi kalau tertib seperti emak-emak yang buang sampah di video itu kan jadi terlihat elegan. Iya gak?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment