Belajar Dari Orang Jepang Ini, Dinas Kebersihan Kudu Punya Alat Ini!

Aksi memberantas vandalisme - kompas.com
Pada gambar di atas terlihat ada dua orang di sana. Mereka sedang membersihkan dinding yang menjadi korban aksi vandalime. Segala coretan dan grafiti liar yang ada pada dinding tersebut sedang dibersihkan dan dihilangkan. Foto di atas dilakukan di Jogja, daerah istimewa di tengah pulau Jawa.

Dan ajaibnya dua orang itu bukanlah orang Indonesia. Mereka adalah orang Jepang yang peduli dengan pemberantasan vandalisme. Menurut mereka aksi vandalisme ini merusak dan membuat para wisatawan tidak nyaman. Harapan mereka dengan membersihkan vandalisme ini bisa membuat Jogja menjadi lebih nyaman bagi para wisatawan asing.

Mereka membawa sendiri perlengkapannya. Untuk alat penghapusnya sendiri diberinama Ecolobeam. Ini semacam kompresor penyemprot air. Ajaibnya, saat cairan ini mengenai cat-cat yang menutup tembok itu, catnya langsung mengelupas. Jadi, temboknya sekarang kembali pada warna dasarnya. Yaitu warna semen.

Untuk cairannya sendiri menurut mereka hanya campuran soda kue saja. Mengapa? Karena sode kue aman dan ramah lingkungan. Jadi tidak akan merusak tembok dan mencemari lingkungan sekitar.


Coba lihat betapa mudahnya cat-cat itu rontok dengan semprotan Ecolobeam. Sangat efektif ya.

Aksi orang-orang Jepang ini menjadikan tamparan buat kita untuk lebih peduli dengan kota dimana kita tinggal ini. Malu dong! Masa' orang Jepang yang jauh di seberang sana saja peduli sementara kita cuek-cuek saja. Sepertinya adonan dan alat yang digunakan oleh orang Jepang ini bisa dikembangkan dan dijadikan perlengkapan untuk dinas pertamanan atau dinas kebersihan kota.

Seru kan?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment