Benarkah Tas Mewah Adalah Investasi?

Birkin - portero.com
Awal 2016 lalu, baghunter merilis pernyataan mengejutkan. Dia bilang kalau tas Hermes Birkin adalah investasi yang lebih baik daripada emas dan saham.

Komentar saya, "Ah.. Dusta!"

Kenapa? Karena di kepala saya yang seorang beginner accounting tetap menganggap tas adalah barang seperti mobil yang terus turun nilainya. Mereka adalah benda-benda yang selalu turun nilainya setiap tahun. Ya paling tidak sekitar 10 persen penyusutannya.

Tapi ternyata hal tersebut tidak berlaku untuk tas Hermes Birkin. Karena menurut riset Baghunter itu bahwa dalam 36 tahun terakhir, tas Hermes Birkin ini meningkat sebanyak 500%. Jadi, terbukti sebagai investasi yang lebih aman dibandingkan saham. Dan diperkirakan nilai tas Hermes Birkin ini diprediksi akan naik 2 kali lipat dalam 10 tahun mendatang.

Kenapa bisa terjadi? Ya jelas dengan hukum permintaan dan penawaran. Karena permintaan tinggi sementara penawaran tidak ada. Jadi, orang-orang yang kepingin tas Hermes Birkin ini harus mengeluarkan kocek lebih dalam karena jumlah tasnya sangat terbatas.

Chanel Medium Classic Flap Bag - purseblog.com
Dan bukan hanya tas Hermes Birkin saja, Tas Chanel Medium Classic Flap Bag juga mengalami peningkatan harga. Nilainya terus meningkat sejak tahun 1955. Bahkan dalam 6 tahun terakhir kenaikannya melebihi harga rumah dan saham. Sadis ya.

Memang sih banyak yang mengatakan kalau investasi tas ini sangat menguntungkan karena dengan membaiknya ekonomi dunia, maka pencarian barang-barang perlente juga semakin tinggi. Hingga harga tas mewah ini akan terus meningkat.

Tapi saya melihat fenomena ini seperti fenomena batu akik.

Tahu kan fenomena batu akik yang sempat heboh beberapa waktu terakhir? Segala jenis batu dijadikan hiasan cincin. Dari mulai yang kecil hingga yang besar-besar. Semua orang dari tua sampai anak-anak, semua tergila-gila dengan batu akik. Sekarang bagaimana kabarnya?

Memang sih dari fenomena batu akik itu banyak yang kemudian menjadi juragan karena pintar memanfaatkan situasi. Tapi di lain pihak, tidak sedikit juga yang tertipu dan merugi. Mereka-mereka yang jor-joran lempar modal untuk jualan batu akik.

Sekarang apa yang terjadi? Sudah sepi tuh pasar batu akik yang dulu sempat jadi primadona. Sekarang bagaimana dengan harga batunya? Turun drastis-tis-tis.

Sama seperti investasi tas kelas atas ini. Ini hanya permainan promosi saja. Terus-terusan promosi hingga orang-orang yang tercuci otaknya secara sengaja. Ya kurang lebih investasi tas mahal itu seperti perang marketing saja. Semakin sering orang diberikan informasi bahwa tas mahal adalah investasi, maka semakin mudah orang untuk terpengaruh untuk membeli tas mewah.

Jadi kalau kekuatan marketingnya mengendur ya selesai sudah investasi tas mahal ini.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment