Dunkirk, Ketika Survival is Victory

Poster Dunkirk - capture youtube/warnerbrospicture
Buat penyuka sejarah, ini film yang pasti ditunggu. Eh tapi bukan cuma penyuka sejarah aja kayaknya. Pecinta film perang pasti juga menunggu-nunggu film ini. Mungkin generasi band of brothers juga akan nonton film ini. Dunkirk, sebuah wilayah di utara Perancis.

Film ini menceritakan tentang perang yang terjadi di Dunkirk pada masa perang dunia ke dua. Khusus yang diangkat di film ini adalah tentang evakuasi yang dilakukan oleh sekutu terhadap 400 ribu tentaranya di wilayah Dunkirk. Evakuasi ini diperlukan karena 400 ribu tentara tersebut sudah dikepung oleh Nazi German. Oh iya, perang ini antara sekutu yang terdiri dari Inggris, Kanada, Perancis, Polandia, Belgia dan Belanda melawan Nazi German.

Film yang disutradarai dan diproduseri Christopher Nolan ini pasti akan sukses menggambarkan kegelapan. Mengingat nama Chrstopher Nolan sudah sukses dengan Batman dan Inception. Jadi sudah bisa dibayangkan bagaimana darknya film Dunkirk ini.

Nih intip dulu trailernya :


Masih belum jelas siapa saja tokoh yang ada pada film ini, tapi sepertinya ada tokoh yang diperankan oleh Cillian Murphy yang tampak frustasi saat berada di kapal. Sepertinya Murphy ini adalah tentara yang sukses berenang dari Dunkirk dan ditolong oleh sebuah kapal. Yang ternyata, kapal tersebut akan menuju Dunkirk untuk menyelamatkan bala tentara itu.

Ekspresinya Cillian Murphy itu loh. Keren banget lah!

Buat yang pingin tahu bagaimana perang ini terjadi, bisa intip-intip di wikipedia dengan judul Battle of Dunkirk dan Dunkirk evacuation. Terpampang jelas di sana bagaimana kerugian yang diderita pihak sekutu dan Nazi German. Dari 400 ribu orang yang terjebak itu, sukses selamat 338.226 orang. Sementara dari pihak Nazi diperkirakan dari 800 ribu tentara, 20 ribu terbunuh atau terluka. Dan total masyarakat sipil yang meninggal diperkirakan seribuan orang meninggal saat serangan udara.

Ya begitulah kurang lebih fakta-fakta yang diangkat di wikipedia. Mungkin untuk merasakan ketegangannya, bisa ditonton Juli 2017 nanti.

Penasaran!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment