Faraday Siap Saingi Tesla (?)

logo Faraday Future - bbc.co.uk
Ada yang kenal dengan Faraday? Mungkin anak-anak ilmiah kenalnya adalah Michael Faraday seorang ilmuwan Inggris yang juga dikenal memiliki kontribusi untuk bidang elektromagnetik. Nah, sekarang sama seperti Tesla, nama ilmuwan Faraday juga digunakan sebagai sebuah brand teknologi dengan nama Faraday Future.

Nyaris sama dengan Tesla Motor, Faraday Future (FF) ini juga siap menelurkan kendaraan listrik super canggih miliknya. Baru-baru ini, FF sudah menampakan hasil karya mereka yang disebut dengan FF91 setelah hampir setahun memberi gebrakan dengan FF Zero 1. FF pada awal 2017 ini memperkenalkan lini terbarunya yang disebut FF91.

FF Zero 1 - thegentlemanracer.com
FF Zero 1 yang hanya konsep yang dikenalkan pada awal 2016 lalu ini seperti menjadi cambukan untuk Faraday Future hingga akhirnya memperkenalkan FF91. Sebuah mobil listrik supercanggih yang baru saja diperkenalkan.

Faraday Future ini hadir dengan kejutan yang tidak main-main. Terlebih setelah mengukuhkan dirinya sebagai penantang utama untuk kelas supercar listrik yang dihadirkan Tesla. FF91 ini memiliki fitur yang digadang-gadang akan menyaingi Tesla. Bisa parkir sendiri, face recognition untuk membuka kunci, sensor yang ada di mana-mana dan lain-lain.

FF 91 - pcmag.com
Oh iya, untuk urusan parkir sendiri bukan seperti mensejajarkan mobil untuk parkir paralel, tapi parkir yang benar-benar mencari spot parkir secara mandiri. FF 91 cukup ditinggalkan dan klik pada aplikasi mobile, dan mobil ini kemudian mencari tempat parkirnya sendiri. Intip saja video di bawah ini :



Baca : Ragam Karya Tesla


Bukan cuma soal parkir sendiri yang dipamerkan oleh FF 91. Mobil ini juga bisa melakukan akselerasi dari 0 hingga 60 MPH hanya dalam waktu 2.39 detik saja. Jika dibandingkan lini Tesla yang butuh 2.5 detik untuk akselerasi yang serupa.

Ancaman serius ya untuk Tesla?

Tapi tunggu dulu, mobil ini belum menyentuh pasar. Ini baru demo saja. Faraday Future sendiri sedang membangun pabriknya di 3 tempat di Amerika sana. Dan FF sangat optimis akan bisa memenuhi hasrat pemesan pada 2018 nanti. Mengingat masalah keuangan yang sempat melanda FF, apakah FF91 bisa sukses memuaskan lebih dari 64.000 pemesan yang terjadi dalam kurang dari 36 jam?

Oh iya, satu lagi konsep FF yang menarik. Ini soal platform mobil yang sedang mereka kembangkan. Intip saja postingan video twitter berikut ini :


Nah, kalau dilihat-lihat dari FF ini, kira-kira apakah akan mampu mengungguli Tesla?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment