Ini Daftar Logo Juventus Yang Pernah Disandang

logo baru Juventus - tempo.co
Pada 17 Januari pagi WIB muncul video yang keren dari akun resmi Juventus di twitter, @juventusfcen. Secara mengejutkan Juventus merilis logo anyar mereka. Logo yang menjadi identitas klub berganti sejak tahun 2004 lalu. Logonya menjadi simple dan modern. Ah tapi ini soal selera saja sih. Saya sih suka.

Eh iya, intip deh video di bawah ini yang dirilis oleh akun twitter Juventus :


Klub favorit banyak orang di dunia ini ternyata sudah berkali-kali berganti logo rupanya. Jadi bukan hal yang luar biasa juga peluncuran logo baru tahun ini. Bisa jadi ini adalah bukti kembalinya si nyonya besar setelah tersangkut skandal yang membuatnya terlempar dari kompetisi papan atas liga Italia.
 Ini dia logo tertua dari Juventus, mungkin karena gambarnya sudah sangat jadul, jadinya gambar digitalnya pun juga kurang jelas. Ada tulisan di atas yang menjadi moto klub. Moto ini diambil dari quote seorang teolog Kristiani bernama Paolo di Tarso, "Non coronabitur nisi qui legitimecertaverit" yang artinya "Dia tidak menerima mahkota, dia yang tidak bermain mengikuti aturan". Mungkin maksudnya kita tidak akan mencapai puncak kalau tidak mengikuti aturan.

Dan terbukti karena nakal, harus turun kasta liga.
 Tahun 1921 kemudian berganti logo. Sudah semakin modern dan tetap pada pakem, hitam putih.
 Terus terang penggunaan hewan pada logo Juventus ini membingungkan. Kesan pertama pada logo di awal kemunculannya adalah banteng yang sedang standing. Tapi kemudian pada tahun 1926, banteng tadi menjadi zebra. Mungkin banteng pada logo pertama itu sebenarnya adalah zebra yang sedang menyamar.
Logo baru kemudian muncul pada 1931, ada tambahan aksen emas dan biru di logo baru ini. Juga tambahan gambar di atas banteng. Apa ya itu? Benteng, mahkota atau stadion ya?

Eh iya, pada logo tahun ini, jadi banteng lagi.
 Tahun 1940 kembali ke tone warna awal, hitam putih dengan feel logo sama seperti logo sebelumnya.
 Logo 1971 kembali berwarna emas dan biru. Dan sepertinya gambar yang ada di atas banteng semakin diperjelas kalau gambar tersebut adalah mahkota.
Logo 1979 kembali menampilkan kuda jingkrak dengan dua buah bintang. Oh iya, sebagai informasi, bintang ini melambangkan perolehan scudeto untuk klub. Tapi perlu diingat, satu bintang melambangkan 10 scudeto. Jadi pada peluncuran logo 1979 ini, Juventus sudah setidaknya memperoleh 20 scudeto.
 Logo 1990 ini seperti kembali ke logo sebelumnya dengan penambahan dua bintang.
Ini logo terakhir sebelum logo baru yang lebih simple pada gambar paling atas. Logo yang 13 tahun kemudian diganti. Logo yang menjadi saksi kebangkitan Juventus dari keterpurukan setelah tersangkut skandal.

Itu lah logo-logo perubahan Juventus dari masa ke masa. Kalau buat saya pribadi sih logo 2004 itu yang paling keren. Tapi tetap, kalau urusan simple dan modern, ya logo teranyar 2017 ini.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment