Kuda-kudaan Untuk Anak Kecil Itu Menyenangkan, Bukan Masturbasi

bocah dan kuda - familiesmagazine.com.au
Anak saya yang baru berusia satu tahun sekarang gemar sekali manjat-manjat. Dirinya memang belum mahir berjalan, tapi sudah senang sekali memanjat. Tapi entah kenapa dia yang laki-laki itu lebih gemar memanjat ibunya ketimbang ayahnya. Padahal kan ayahnya lebih bertenaga ketimbang ibunya.

Kegiatan memanjat ini dilakukannya saat ibunya sedang shalat. Lah kalau bapaknya lagi shalat enggak ada tuh adegan manjat-manjat. Paling cuma berdiri saja pegang kaki bapaknya. Tidak seperti saat ibunya shalat, naik-naik ke leher.

Menurut Michael Wasswerman M.D, gerakan menunggang dan bergoyang adalah petualangan menyenangkan untuk anak usia 1-2 tahun. Menurutnya, kegiatan menunggang memberikan stimulasi untuk sistem vestibular dan meningkatkan keseimbangan, gerak dan koordinasi anak.

Kalau dilhat dari penjelasan tersebut, kuda-kudaan pada anak sangat positif. Jangan menyalahartikan kuda-kudaan adalah prilaku masturbasi pada anak. Karena ada kekhawatiran saat melihat anak kuda-kudaan dengan bantal atau guling. Kemudian dikaitkan dengan daya eksplorasi anak terhadap alat kelaminnya. Sepertinya ini salah besar. Kalau saya sih lihat anak saya begitu, mendingan diajak kuda-kudaan aja sekalian. Biar dia merasakan sensasi sesungguhnya manfaat kuda-kudaan sebagai melatih keseimbangan. Bukan sebagai stimulus alat kelamin.

Lihat gambar utama, seru banget ya anak kecil naik kuda sungguhan. Rasanya puas sekali. Pingin deh ngajak anak ke tempat seperti itu. Bapaknya kan enggak pernah main kuda beneran. Masih belum sempet nih ke tempat kuda di daerah Bintaro. Katanya sih ada.

Tapi memang dasar manusia itu mahluk cerdas, ada saja alat yang dibuat mirip kuda untuk anak-anak. Pertama kali lihat pada video yang diunggah oleh This is Brainy di halaman facebooknya berikut ini :


Huasik banget ya kuda-kudaan serasa naik kuda betulan. Bisa sambil kejar-kejaran pula. Coba deh bayangkan kalau benda ini dibuat versi orang dewasanya. Bisa dijadikan untuk alat fitnes. Karena melatih otot perut, pinggul dan paha. Hahaha.

Eh balik lagi ke soal anak kecil main kuda-kudaan.

Tahu gak kalau ada hadits Rasul yang menganjurkan kita sebagai orangtua muslim untuk mengajarkan anak berkuda, memanah dan berenang?

Ternyata, ada beberapa manfaat berkuda untuk anak-anak seperti yang dilansir oleh familiesmagazine.com berikut ini :

  • fun and fitness.
  • co-ordinating and balance skill.
  • social skill and communication.
  • getting unplugged and outdoors.
  • confidence... and that's just starters.
Asik banget ya manfaatnya. Jadi semakin semangat untuk mencari sarana berkuda untuk si anak. Tapi sementara main kuda-kudaan dulu aja sama bapaknya sambil cukup umur untuk berkuda sungguhan. Sudah harus menyiapkan budget untuk kuda-kudaan nih. Kira-kira usia berapa ya anak sudah cocok untuk berkuda sungguhan?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment