Selamat Ulang Tahun Damarion!


Tidak terasa sudah satu tahun usia anak pertama saya ini. Jadi ayah itu rasanya sulit digambarkan. Antara senang dan tidak percaya. Terlebih waktu lahir tahun lalu, mengadzankan dan iqamah pada telinga kanan dan kiri itu rasanya deg-deg ser. Berkaca-kaca mata saya. Terharu!

Baca : Persalinan Dengan BPJS

Cerita tentang keseruan proses melahirkan anak pertama ini sudah saya ceritakan komplit dengan penggunaan BPJS Kesehatan yang seadanya. Bisa dilihat pada judul Persalinan dengan BPJS.

Usia yang sudah satu tahun ini membawa saya pada ingatan keanapa nama anak saya harus seperti yang sekarang ya? Jazari Damarion Idris, begitu nama yang kami sematkan pada surat keterangan lahir dan akte kelahiran. Juga nama yang kami tempel pada kartu keluarga.

Jazari, nama ini kami ambil dari Ismail al-Jazari atau nama lengkapnya Badīʿ az-Zaman Abū l-ʿIzz Ismāʿīl ibn ar-Razāz al-Jazarī atau lebih dikenal dengan gelar al-Jazari. Ini yang kemudian kami ambil untuk nama depan anak kami. Dia adalah seorang yang sangat cemerlang pada zamannya. Terkenal dengan ilmu-ilmu praktis mekanik yang dituang dalam bukunya yang berjudul The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices.

Yang saya suka dari karakter al-Jazari ini dia bukan seorang pemikir, tapi seorang pelaku. Disebut dalam laman wikipedia kalau dirinya lebih dikenal dengan practical engineer. Artinya segala ilmu yang dia peroleh didapat dari perbuatannya dia alias learning by doing. Harapan sederhana saya sebagai seorang ayah untuk anaknya, semoga kelak bisa menjadi orang yang mencintai profesinya, apapun itu. Belajar dan memperdalam bidangnya hingga ahli. Lebih mengedepankan aksi ketimbang bicara.

Yang paling senang dengan nama ini ya Oma, ibu mertua saya. Belum lahir saja sudah dipanggil-panggil Jazari. Kadang dipanggil-panggil Ari. Sebenarnya masih pikir-pikir lagi, orang pintar muslim mana lagi yang akan jadi pertimbangan nama, tapi karena Oma senang dengan nama ini, maka jadilah.

Dragon Knight DoTA 2 - steamcommunity.com
Kata ke dua dari komponen nama Damar adalah Damarion. Untuk kata ini, pencariannya yang paling lama sebenarnya. Karena istri kepingin banget ada kata yang artinya pemimpin. Dan dalam sebuah situs yang entah tidak bisa dicari lagi, ditemukan kalau Damarion berasal dari bahasa Inggris lawas yang bisa diartikan pemimpin. Langsung deh disikat nama ini.

Tapi, sebenarnya buapaknya yang senang main game DoTA juga senang dengan nama ini. Karena nama ini mengingatkan saya pada karakter strength bernama Davion. Walaupun badannya kecil, kuatnya minta ampun.

Tapi belakangan saya menemukan arti nama lain dari Damarion. Menurut sevenreflections.com, katanya begini,

You are strong in material matters, determined and stubborn. You have good business ability. You are a good worker, steady and practical, a builder who takes responsibility well. These qualities may bring you a position of authority and power. You are a doer, down-to-earth, serious-minded, reliable, and self-disciplined; have good power of concentration.You are bold, independent, inquisitive and interested in research. You know what you want and why you want it.

Creative and outgoing, you are always looking for an opportunity to show your abilities, especially before audience. You are very flexible and likes to feel appreciated. You are looking for chances to mix with others socially and to communicate his ideas. You like to talk and can easily relate to different cultures and concepts. The biggest challenge for you is uncertainty. Easily getting bored, you can move from one job to another, switch projects and lovers. The high creative force can lead you either to happiness or unhappiness. If you understand your goals, if you can make major decisions in life and follow it directly and straight up without worry and uncertainty, you are able to achieve great heights.

Asik banget ya? Dan yang lebih seru lagi panggilannya. Kami sepakat untuk memanggilnya Damar. Bisa diartikan sebagai kayu yang wangi. Atau dalam bahasa sunda, Damar juga bisa diartikan sebagai cahaya penerang. Multitafsir yang baik-baik.

Kata terakhir dari nama Damar adalah Idris. Tidak muluk-muluk, saya pingin ada belakang nama saya pada anak saya. Diambil dari Fahmi Idris nama saya. Jadi komplit 3 kata, Jazari Damarion Idris. Ya lumayan kan waktu ngurus passport enggak perlu mikirin nama tambahan kayak bapaknya. Hahaha..

Kapan-kapan, tulisan ini pasti dibaca anak saya si Damar. So, Selamat Ulang Tahun yang pertama ya Damarion! Semoga do'a dalam nama ini menjadi pondasi dasar karakter kamu!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment