Vertical Garden Solusi Penghijauan Kota

Ilustrasi vertical garden - sanjaynursery.com
Ibu Kota lebih kejam daripada ibu tiri

Begitu kata orang-orang yang sudah merasakan kejamnya ibu kota. Ya mereka yang mengatakan demikian, mungkin juga pernah merasakan kejamnya ibu tiri, karena sudah bisa membandingkan. Tapi, hidup di kota besar itu stres katanya. semua sarat sekali dengan persaingan. Baik yang sehat ataupun yang tidak sehat, pokoknya harus siap dihadapi. Ya mungkin yang merasa kalah dan tidak kuat, maka bilang Ibu kota lebih kejam daripada ibu tiri.

Kekejaman ibu kota sangat kentara dengan persaingan ekonomi. Semua orang seperti mengejar ekonomi dengan sebaik-baiknya. Segala macam dikorbankan. Lahan berubah disulap menjadi pemukiman padat dengan berjejal orang. Semakin banyak orang yang bisa ditampung maka akan semakin menguntungkan. Ruang-ruang terbuka pun turut menjadi sasaran empuk untuk membangun properti.

Jalanan pun sekarang tak hanya ada di darat saja. Mereka sekarang bertingkat-tingkat demi memenuhi hasrat padatnya jumlah kendaraan. Demi ekonomi katanya, biar lancar jalan harus tersedia. Macet menghambat ekonomi dan pertumbuhan.

Ya begitu lah dahsyatnya pembangunan kota besar. Yang bahkan kita lupa kalau kita ini manusia yang memerlukan oksigen untuk bernafas. Sementara ruang terbuka hijau untuk tanaman kian tersingkirkan.

Banyak yang kemudian sadar. Mencoba membangun ruang-ruang kecil terbuka yang hijau. Salah satunya adalah dengan vertical garden. Jadi semacam kebun yang dibuat secara vertikal. Bisa menempel pada dinding atau gedung atau tiang. Contoh yang paling sederhana adalah penghijauan yang dilakukan pada gang-gang pemukiman.

Mereka menanam tanaman pada botol-botol bekas yang kemudian ditempel atau digantung pada tembok-tembok gang atau tembok rumah. Sepele memang, tapi akan terasa sekali bedanya udara di pagi hari. Lebih segar. Cobain deh.


Atau cara lain seperti video di atas tuh. Di Jakarta kan banyak sekali tiang-tiang penyangga jalan layang tuh. Bisa lah dibuatkan vertical garden pada tiang-tiang tersebut. Lebih keren lagi ditanam dengan kembang warna-warni atau daun rupa warna. Bisa menambah estetika yang melihatnya. Udara lebih segar, yang melihat juga fresh.

Bisa juga lah diterapkan pada tiang-tiang MRT nanti setelah diresmikan. Tinggal perawatannya aja yang PR.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment