Petualangan Moana Mengembalikan Jantung Dewi Pulau

Poster film Moana - disney.co.uk
Ini dia film baru princess Disney yang rilis di tahun 2016. Entah lah kenapa saya menyebut princess disney, mungkin karena film ini dirilis Disney dan memiliki karakter utama seorang perempuan single. Dan seperti pada film-film princess Disney yang sudah-sudah, setiap tokoh utama memiliki misi tersendiri untuk diwujudkan.

Seperti Moana,

Terlahir sebagai anak kepala suku pada sebuah pulau yang asri dan mampu memenuhi seluruh kebutuhan hidup sukunya. Tapi Moana berbeda, dia selalu penasaran dengan apa yang ada di luar pulau ini. Moana seperti sedang mencari-cari sesuatu di luar sana.

Pencarian Moana itu seolah dijawab langsung oleh sang nenek. Tala. Sering sang nenek bercerita tentang sebuah kejadian di luar sana dimana jantung Dewi Pulau bernama Te Fiti dicuri oleh seorang manusia setengah dewa bernama Maui. Te Fiti yang kehilangan jantungnya adalah penyebab dari menghilangnya kesuburan di pulau ini.

Kesuburan sepertinya tidak hanya pada pulau yang bisa dilihat dari kelapa yang membusuk saja. Tapi juga dari ikan-ikan yang ada di lautan. Ikan-ikan seperti semakin menyusut jumlahnya. Para pemuda yang bertugas mencari ikan, seringkali pulang dengan hasil nihil.

Tala, nenek dari Moana - d23.com
Te Fiti yang tidak memiliki jantung bukan hanya berdampak pada pulau dan laut. Tapi juga pada cuaca. Sudah berpuluh-puluh tahun suku tempat Moana dilahirkan berhenti berlayar melewati karang karena cuaca yang tidak menentu. Banyak dari para petualang suku tinggal nama. Sehingga kepala suku a.k.a ayah Moana memutuskan untuk menghentikan pelayaran dan mengubur identitas penjelajah lautan dari suku mereka.

Tapi jiwa petualang itu ternyata tidak hilang dari diri Moana. Dia yang tahu bahwa nenek moyangnya adalah seorang penjelajah, semakin membulatkan tekadnya untuk menjelajah lautan setelah neneknya Tala meninggal dunia. Misinya jelas sesuai dengan instruksi si nenek, Cari Maui, kembalikan jantung Te Fiti yang sudah dimiliki, pounamu.

Pertemuan Maui dan Moana - insidethemagic.net
Dengan pengalaman NOL BESAR berlayar, Moana akhirnya sampai pada pulau dimana Maui terdampar. Maui terkurung di pulau ini karena dirinya tidak bisa berubah bentuk karena dia tidak memiliki pancing sakti miliknya. Kekuatannya berubah bentuk hanya bisa dilakukan jika Maui memiliki pancing sakti.

Jadi, Maui yang ternyata licik ini berusaha mencuri perahu milik Moana dan berlayar sendirian mencari pancing sakti miliknya. Moana yang tidak kalah cerdik berhasil lolos dari perangkap Maui dan kembali menguasai perahu. Dan tentu saja, dengan bantuan dewa laut, Moana bisa menaklukan Maui di atas kapal.

Misi sedikit berubah, karena Maui tidak memiliki pancing sakti, artinya dia tidak memiliki kekuatan. Karena tidak memiliki kekuatan, maka pengembalian jantung Te Fiti akan sia-sia katanya, karena dirinya akan dihadang oleh Te Ka.

Kakamora, si bajak laut - youtube.com
Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan bajak laut lucu namun sadis. Namanya kakamora, lucu karena berbentuk seperti kelapa tua. Tapi ternyata mereka sadis karena menggunakan segala benda tajam dan peralatan persis seperti bajak laut. Mereka juga menginginkan pounamu yang dibawa oleh Moana.

Moana dan Maui sukses mengelabui Kakamora dan berhasil melarikan diri. Mereka kemudian menuju Lalotai, tempat dimana Tamatoa berada. Tamatoa adalah seekor kepiting kelapa raksasa. Dia senang sekali dengan benda-benda berkilau dan selalu disimpan di punggungnya. Benda berkilau ini termasuk pancing sakti milik Maui. Di sini kemudian Maui dan Moana berusaha menipu Tamatoa demi mendapatkan pancing sakti.

Tamatoa - teaser-trailer.com
Berhasil mendapatkan pancing sakti, kini saatnya mengembalikan jantung Te Fiti.

Ya walaupun awalnya sempat ada drama antara Maui dan tato yang bisa bergerak, tapi akhirnya Maui dengan gentle menerima tawaran Moana untuk mengembalikan jantung Te Fiti. Alasan Maui masuk akal, karena dirinya tidak mau bertemu lagi dengan Te Ka si monster besar yang terbuat dari magma.

Te Ka - slashfilm.com
Ada dua kali percobaan untuk mengembalikan jantung Te Fiti. Pertama, Maui yang sukses dipukul mundur oleh Te Ka sehingga Moana dan Maui terpental jauh dari Te Fiti.

Akhirnya Moana yang putus asa karena Maui tidak mau kembali karena khawatir pancing saktinya rusak. Dalam putus asanya Moana tersebut bertemu dengan si nenek. Itu yang membuatnya kembali bersemangat mengembalikan jantung Te Fiti.

Dalam mengembalikan jantung Te Fiti, Moana sukses menipu Te Ka. Tapi dasar mahluk ini raksasa dengan kemampuan luar biasa, tetap saja aksi Moana hampir gagal. Tapi tiba-tiba Maui datang menghadang Te Ka yang hampir menyerang Moana. Pancing sakti rusak, tapi Moana selamat.

Tapi kemudian Moana menyadari bahwa Te Fiti sudah tiada dan berubah bentuk menjadi Te Ka. Moana kemudian mengembalikan jantung Te Fiti ke Te Ka, hingga akhirnya Te Ka kembali berubah menjadi Te Fiti. Jadi, Te Ka adalah bentuk lain dari Te Fiti. Bisa dibilang bentuk kemarahan dari Te Fiti.

Te FIti yang sudah mati
Te Fiti Island kembali hidup - disney.wikia.com
Dengan kembali bangkitnya Te Fiti, bisa dibilang misi Moana berhasil. Dia kembali ke pulau asalnya dengan kebanggaan anak suku. Mewariskan tahta kepala suku dan berhasil mengembalikan fitrah nenek moyangnya sebagai penjelajah lautan.

SELESAI
Share on Google Plus

1 komentar :

  1. Film ANimasi paling bagus sepanjang sejarah!!! Tapi sayang tidak mengajak keluarga ke bioskop. Takutnya ada adegan percintaan seperti film2 disney sebelumnya..

    ReplyDelete