7 Hal Ini Tidak Dilakukan Orang yang Emosinya Cerdas

EQ lebih menentukan - bramardianto.com
Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dapat merasakan, mengendalikan dan mengevaluasi emosi mereka, bersamaan dengan emosi orang lain. Kecerdasan emosional bisa memainkan peran besar dalam kesuksesan dan hubungan sosial seseorang. Kecerdasan emosional bisa jadi dimiliki karena anugerah bawaan atau bisa diajarkan/dilatih. Ini melibatkan berhubungan dengan emosi Anda dan mengendalikannya setiap saat.

Inilah delapan hal yang dihindari orang yang emosinya cerdas :

1. Mereka Tidak Mengabaikan Perasaan Orang Lain

Orang yang sangat cerdas secara emosional menunjukkan empati terhadap orang lain. Mereka mencoba memahami bagaimana perasaan orang-orang di sekitar mereka. Mereka tidak pernah mengabaikan emosi orang lain sebagai hal yang tidak penting. Sebaliknya, mereka menunjukkan belas kasihan.

2. Mereka Mudah Mellow dan Mencari Pembenaran

Orang yang cerdas secara emosional tahu bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan perasaan mereka. Mereka tidak menyalahkan orang lain saat mereka mengalami hari yang buruk, dan mereka tidak mudah mengeluh seolah-olah mereka korban. Sebaliknya, mereka mengalihkan emosi negatif mereka ke dalam pemikiran yang lebih produktif, dan mereka bertanggung jawab penuh atas perasaan mereka.

3. Mereka Tidak Biarkan Orang Lain Mengendalikan Emosi Mereka

Orang dengan kecerdasan emosional sensitif, tapi mereka mengendalikan perasaan mereka. Mereka tidak membiarkan orang lain menghancurkan hari mereka atau menurunkannya. Mereka suka menjaga sikap positif dan mereka dapat bangkit kembali dengan cepat dari penolakan dan bentuk negatif lainnya.

4. Mereka Tidak Terlibat dalam Konflik yang Tidak Perlu

Mengetahui kapan harus memilih pertempuran Anda bisa sangat berharga bila menyangkut kesehatan emosional Anda. Jika dibutuhkan, orang yang cerdas secara emosional akan menghadapi seseorang, tapi mereka menghindari konflik bila memungkinkan untuk menghemat energi mereka untuk interaksi yang lebih positif.

5. Mereka Tidak Bergosip

Orang yang cerdas secara emosional tahu betapa berbahayanya gosip. Mereka cenderung mencari percakapan yang lebih positif dan menggembirakan dengan orang lain. Mereka mendambakan hubungan yang mendalam dengan orang-orang dan mereka menghindari orang-orang yang terus-menerus ingin bergosip atau bersikap picik.

6. Mereka Tidak Takut Mengatakan Tidak

Terlalu banyak orang malu mengatakan tidak. Mereka akhirnya merasa terbebani dengan terlalu banyak komitmen dan menjadi tidak bahagia. Orang yang cerdas secara emosional tahu batasnya. Mereka menghormati diri mereka sendiri dengan menetapkan batasan dan memiliki keberanian untuk mengatakan tidak bila diperlukan.

7. Mereka Tidak Mencari Persetujuan Dari Orang Lain

Orang yang cerdas secara emosional tahu bahwa mereka tidak memerlukan persetujuan orang lain untuk membuat keputusan. Mereka percaya diri mereka cukup untuk menjadi validasi mereka sendiri. Jika mereka menginginkan sesuatu, mereka mengejarnya. Mereka menghormati saat mendengar pendapat orang lain, namun pada akhirnya mereka tahu bahwa selama mereka bekerja keras, mereka dapat mencapai sesuatu, dan mereka tidak memerlukan persetujuan orang lain untuk melakukannya.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment