Ini Sebabnya Kenapa Harus Buka Jendela Pesawat Saat Lepas Landas dan Mendarat

Ilustrasi jendela pesawat - blog.reservasi.com
Tahu gak kenapa saat naik pesawat, saat ingin lepas landas atau mendarat, kita sebagai penumpang diharuskan untuk menaikan jendela? Setidaknya menurut video Tech Insider ada beberapa alasan kenapa harus membuka jendela saat lepas landas atau mendarat.

Regulasi FAA, evakuasi pesawat paling lama adalah 90 detik

Membuka jendela tentu membantu para penumpang untuk tetap sigap jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan sesuai aturan yang dikeluarkan oleh FAA, waktu paling lambat untuk keluar dari pesawat adalah 90 detik.

Penumpang di pintu darurat samping lebih waspada

Ini perlu diperhatikan bagi para penumpang yang berada pada pintu darurat jendela. Selain bisa mengarahkan penumpang lain untuk membantu keluar, para penumpang ini juga harus mampu menentukan jalur aman untuk evakuasi jika ternyata pintu yang mereka urus terdapat hambatan di luar. Seperti terbakar atau tergenang air.

Sehingga lebih cekatan dalam menentukan keputusan, yang lagi-lagi tujuannya adalah waktu 90 detik paling lama bisa diselesaikan.

Selain itu, kenapa saat lepas landas dan mendarat menjadi sangat penting? Karena kecelekaan pesawat paling banyak terjadi pada dua kejadian tersebut. Jadi, jika terjadi kondisi darurat dan semua kondisi di luar dapat diketahui, maka detik-detik penyelamatan semakin berguna.

Semakin sedikit waktu yang disia-siakan, maka semakin banyak nyawa yang bisa diselamatkan bukan?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment