Ternyata Saridjah Niung Bernyanyi Jadi Google Doodle Hari Ini Adalah Ibu Sud

Penampakkan google doodle hari ini
Tik tik tik bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua

Masih ingat dengan petikan lagu di atas? Lagu hujan di atas adalah salah satu karya Ibu Sud yang melegenda itu. Karena jerihpayahnya, Google turut menghadirkan Ibu Sud menjadi salah satu google doodle di ulangtahun Ibu Sud.

Yang baru diketahui, ternyata nama lengkap dari Ibu Sud adalah Saridjah Niung. Karya-karyanya masih bisa dinikmati hingga saat ini. Bahkan papah muda dan mamah muda era milenium pun sadar tidak sadar juga mengajari anak-anak mereka. Mungkin saya juga yang termasuk pada barisan ini.

Bukan soal keringnya lagu anak-anak, tapi memang karya Ibu Sud ini sangat sesuai dengan karakter anak dan mudah dicerna. LEGEND.

Saridjah Niung lahir di Sukabumi, Jawa Barat. Selain sebagai guru, ia dikenal juga sebagai penyanyi, pencipta lagi, seniman batik, dan penyiar radio. Multitalenta sekali ya?

Namun, nama besarnya memang muncul karena lagu-lagu anak yang diciptakan. Awalnya ide menciptakan lagu anak muncul karena melihat anak-anak didiknya di HIS seperti kurang bahagia. Musik kemudian menjadi salah satu pencair suasana tegang dan membuat hati sejuk. Maka dari itu, ia ciptakan lagi-lagu anak dan mulai mengajarkan anak-anak didiknya bernyanyi.

Selain itu, Saridjah Niung juga menunjukkan jiwa nasionalismenya melalui lagu "Berkibarlah Benderaku", "Bendera Merah Putih", dan "Tanah Airku" yang diciptakan selama masa kolonial Belanda. Lagu-lagu itu juga hingga sekarang masih sering dikumandangkan di sekolah-sekolah dan acara-acara kenegaraan.

Btw, terimakasih Google sudah mengenalkan lebih dalam mengenai Saridjah Niung ini. SALUT!
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment