Ini Salah Satu Peternak Serangga Terbesar di Eropa

Kupu-kupu raksasa - Instagram @insecthaus_ad
Masih ingat dulu sekitar awal 2000an, paman yang tinggal di daerah Bogor sempat ikut seminar untuk mengembangbiakan jangkrik untuk pakan burung. Konon katanya, pada masa itu bisnis jangkrik terbilang menjanjikan karena penggiat burung sedang berkembang dan membutuhkan suplai makanan untuk peliharaannya. Eh tunggu dulu, bukan cuma penggiat burung saja yang butuh, pecinta ikan arwana juga katanya butuh suplai banyak.

Pokoknya selang beberapa bulan, kotak tempat jangkrik yang dipunyai paman saya itu langsung penuh berisi jangkrik yang kalau malam suaranya seru sekali. Bisa dibilang bisnis jangkrik kemudian menjadi lesu. Bisa ditebak lah, karena hukum ekonomi, penawaran yang semakin banyak, membuat harga terus menurun. RUGI!

Kotak jangkrik - centrausaha.com
Kegagalan paman saya tadi, mungkin karena kita yang hidup di daerah tropis ini kurang menghargai serangga. Karena hampir setiap hari kita melihat, jadi ya biasa aja.

Beda dengan anak muda Eropa bernama Adrian Kozakiewicz. Pria asal Polandia ini justru memamerkan hasil ternak serangganya pada akun instagram miliknya. Dalam bio profile akun instagramnya, dia dengan gagah menyebut dirinya sebagai One of the largest insect breeders in Europe.

A post shared by Adrian Kozakiewicz 🐜️️️ (@insecthaus_adi) on


A post shared by Adrian Kozakiewicz 🐜️️️ (@insecthaus_adi) on

A post shared by Adrian Kozakiewicz 🐜️️️ (@insecthaus_adi) on

A post shared by Adrian Kozakiewicz 🐜️️️ (@insecthaus_adi) on

Sekarang followernya sudah mencapai 140 ribu lebih. Dan Adrian masih pamer serangga-serangga miliknya.

Bisa jadi Adrian ini salah satu dari banyak orang yang menjaga kelangsungan para serangga yang ada di dunia. Mungkin nanti dia punya kebun binatang sendiri khusus dunia serangga di sana.

Ah, jangan sampe deh kita, orang Indonesia harus ke Polandia untuk melihat serangga tropis di Indonesia.


Share on Google Plus

1 komentar :