Affandi Mengalahkan Peringatan May Day di Halaman Google

Google Doodle Affandi - google.com/doodle
Siapa sangka kalau 1 Mei yang lekat dengan hari buruh justru tampak berbeda pada halaman google. Iya, hari ini Google justru memperingati hari lahirnya maestro lukis asal Indonesia Affandi. Bahkan gambar yang dijadikan pada google doodle sendiri sepertinya diadaptasi dari potret affandi yang diabadikan dalam prangko Republik Indonesia yang terbit pada tahun 1997.

potret Affandi dalam perangko 1997 - wikimedia.org
Nama besar Affandi di dunia tidak lain dan tidak bukan karena beliau pada tahun 1950an banyak mengadakan pameran tunggal di India, Inggris, Eropa dan Amerika Serikat. Bayangkan pada tahun tersebut saat pesawat komersil masih sulit beliau sudah melanglangbuana keliling dunia memaerkan hasil karyanya. Pantas saja disebut maestro.

Affandi lahir di Cirebon pada tahun 1907. Dari segi pendidikan, Affandi termasuk seorang yang meiliki pendidikan formal yang cukup tinggi. Namun, bakat seni lukisnya yang sangat kental mengalahkan disiplin ilmu lain dalam kehidupannya, dan memang telah menjadikan namanya tenar sama dengan tokoh atau pemuka bidang lainnya.

Jangan salah, Affandi juga sangat berjasa untuk perjuangan kemerdekaan Indonesia. Melalui karya-karyanya, Affandi sukses membakar semangat juang para pejuang negeri untuk melawan penjajah.

Salah satu karya Affandi - wikimedia.org
Lihat gambar Affandi di atas. Betapa karyanya sangat menginspirasi para pemuda untuk berjuang kala itu. Disamping nama besar di bidang seni lukis. Affandi tetap berkontribusi sesuai dengan bidang yang dikuasainya.

Jadi, wajar saja kalau Maestro ini diperingati oleh Google Doodle.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment