5 Cara Mengontrol Emosi

Ilustrasi Emosi - waspada.co.id
Salah satu senjata setan untuk membinasakan manusia adalah marah. Dengan cara ini, setan bisa dengan sangat mudah mengendalikan manusia. Karena marah, orang bisa dengan mudah mengucapkan kalimat kekafiran, menggugat takdir Allah, berkata yang jorong mencaci habis- habisan bahkan sampai mengucapkan kalimat cerai yang membubarkan rumah tangga.

Agar kita tidak terjerumjus ke dalam dosa yang lebih besar, ada beberapa cara mengendalika emosi yang diajarkan dalam Alquran dan Sunnah.

1. Segera memohon perlindungan kepada Allah dari godaan setan, Dengan membaca ta'awudz.
"Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk". karna sumber amarah adalah setan, sehingga godaannya bisa diredam dengan memohon perlindungan kepada Allah. Rasulullah saw bersabda yang artinya, "Apabila seseorang marah, kemudian membaca : A'udzu billah maka marahnya akan reda." (HR Silsilah As-Shahihah).

2. Diam dan jagalah lisan. Bawaan orang marah adalah berbicara tanpa aturan. Sehingga bisa jadi dia bicara sesuatu yang mengundang murka Allah. Karena itulah, diam merupakan cara yang mujarab untuk menghindari timbulnya dosa yang lebih besar.
Rasulullah saw bersabda yang artinya, "Jika kalian marah diamlah" (HR Ahmad)

3. Mengambil posisi lebih rendah. Kecendrungan orang marah adalah selalu ingin selalu lebih tinggi dan lebih tinggi. Semakin dituruti. dia semakin ingin lebih tinggi. Dengan posisi lebih tinggi dia bisa melampiaskan amarahnya sepuasnya. Karena itulah, Rasulullah saw memberikan saran untuk meredam amarah. Rasulullah menasehatkan, "Apabila seseorang marah dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk." Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur." (HR Ahmad)

4. Ingatlah hadits ini ketika marah. Dari Muadz bin anas Al-Juhani, Rasulullah saw bersabda yang artinya, "Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka Allah akan memanggilnya di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki." (HR. Abu Daud)

Dalam hadits yang lain, Rasulullah saw bersabda yang artinya, Siapa yang menahan emosinya maka Allah akan tutupi kekurangannya. Siapa yang menahan amarahnya padahal jika dia mau, dia mampu melampiaskannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan pada hari kiamat. " (HR Ibnu Abi Dunya dalam Qadha Al Hawaij)

5. Segera berwudhu atau mandi. Marah itu dari setan dan setan terbuat dari api. Padamkan dengan air yang dingin. Dalam sebuah hadits dari Urwah As Sa'di, disebutkan, "Sesungguhnya amarah itu berasal dari setan, dan setan diciptakan dari api dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya dia berwudhu."(HR.Ahmad)

source Yufid TV
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment