Lomba WCAI Tinggal Hitungan Hari!

Gunung Semeru, oleh Arian Zwegers - wcai
Ini nih ternyata ada lomba keren yang waktunya tinggal hitungan hari saja. Namanya Wiki Cinta Alam Indonesia (WCAI). Adalah sebuah kompetisi fotografi keindahan alam, baik berupa bentang alam, flora maupun fauna di Indonesia secara daring (online) selama 30 hari di situs Wikimedia Commons.

Wikimedia Commons adalah salah satu proyek dari Wikimedia Foundation dan merupakan sebuah situs web berisikan koleksi media (baik foto, video, maupun audio) yang berlisensi bebas (Creative Commons) dan dapat digunakan dan ditambahkan oleh siapa saja.

Kompetisi ini merupakan versi lokal dari WIki Loves Earth, perlombaan foto internasional tahunan yang bertujuan untuk menjaring beragam foto bentangn alam yang berlisensi bebas. Foto pemenang utama Wiki Cinta Alam Indonesia akan diikutsertakan dalam kompetisi Wiki Loves Earth Internasional pada bulan Juli 2017.

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menambah jumlah foto bentang nalam Indonesia yang bebas hak cipta dan dapat dipergunakan secara bebas oleh siapa saja. Selain itu, foto-foto yang sudah diunggah diharapkan dapat digunakan untuk melengkapi halaman artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah yang dipertuturkan di Indonesia (seperti Jawa, Sunda, Banjar, Mindang, dan lainnya). Untuk itu, peserta dipersilakan mengunggah sebanyak-banyaknya foto hasil karya mereka ke Wikimedia Commons. Kompetisi ini juga bermaksud untuk meningkatkan kesadaran untuk melestarikan alam Indonensia.

info lebih lanjut : WCAI
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment