badge

10 Teknologi 2017 Yang Akan Merubah Dunia

Ilustrasi 10 teknologi - weforum.org
Teknologi berkembang sangat pesan. Setidaknya ada 10 teknologi baru yang akan merubah tatanan industri kedepan. World Economic Forum bersama Global Future Council yang berkolaborasi dengan para ilmuwan meramalkan 10 teknologi ini akan berkembang pesat pada 3-5 tahun mendatang.

Berikut 10 Teknologi yang akan merubah dunia :

1. Biopsi cair

Biopsi cair menandai langkah maju dalam perang melawan kanker. Teknologi ini digunakan untuk deteksi dini terhadap analisa kangker dan serangan jantung. Dengan teknologi ini dapat diprediksi kemudian gejala dan penyakit yang mungkin terjadi atau diderita. Untuk gambaran lebih lengkap, bisa baca di sini.

2. Memproduksi air bersi dari udara

Sebenarnya memproduksi air dari udara bukan barang baru. Namun kondisi sekarang, teknologi ini memerlukan udara dengan kelembaban tinggi. Sekarang berubah, sebuah tim dari MIT dan University of California, Berkeley sudah berhasil melakukan ujicoba menggunakan porous crystals yang mampu merubah udara menjadi air tanpa energi tambahan sama sekali. Walau masih dalam tahap penelitian, teknologi ini sangat menarik untuk kelak diterapkan pada wilayah-wilayah yang sulit mendapatkan air bersih.

3. Deep learning untuk gambar

Komputer saat ini mampu mengenal gambar lebih baik dibandingkan manusia. Penggunaan teknologi kecerdasan buatan ini kemudian banyak diterapkan pada teknologi self driving dan bisa memetakan ketinggian air pada lahan pertanian. Kelak akan sangat membantu pertanian tradisional dunia.

4. Bahan bakar cair dari sinar matahari

Tahukan proses fotosintesis pada daun? Teknologi alam yang mampu merubah energi dari cahaya matahari ini diteliti lebih jauh. Prospeknya terlihat semakin positif. Jawabannya terletak pada penggunaan katalis yang diaktifkan sinar matahari untuk memisahkan molekul air menjadi air dan hidrogen, dan kemudian menggunakan hidrogen yang sama untuk mengubah CO2 menjadi hidrokarbon. Seperti sistem tertutup - dimana CO2 yang dipancarkan oleh pembakaran kemudian diubah kembali menjadi bahan bakar, bukan atmosfer - bisa terbukti revolusioner bagi industri surya dan angin.

5. Atlas Sel Manusia

Sebuah kolaborasi internasional yang ditujukan untuk mendeskripsikan tubuh manusia, yang disebut Human Cell Atlas, diluncurkan pada bulan Oktober 2016. Proyek ini, yang didukung oleh Inisiatif Chan Zuckerberg bertujuan untuk mengidentifikasi setiap jenis sel di setiap jaringan; kelak akan mendefinisikan dan memetakan gen, protein dan molekul lain yang aktif dalam setiap jenis dan proses yang mengendalikan aktivitas itu; Di mana sel berada; Bagaimana sel-sel biasanya berinteraksi satu sama lain, dan apa yang terjadi pada fungsi tubuh saat genetik atau aspek lain dari sel mengalami perubahan, antara lain. Produk akhir akan menjadi alat yang sangat berharga untuk memperbaiki dan mempersonalisasi perawatan kesehatan.

6. Pertanian presisi

Revolusi Industri Keempat memberi para petani seperangkat alat baru untuk meningkatkan hasil panen dan kualitas sambil mengurangi penggunaan air dan kimia. Sensor, robot, GPS, alat pemetaan dan perangkat lunak analisis data semua digunakan untuk menyesuaikan perawatan yang dibutuhkan tanaman. Sementara prospek penggunaan pesawat tak berawak untuk menangkap kesehatan tanaman secara real time mungkin agak berlebihan bagi sebagian besar petani dunia, teknik teknik mudah juga akan diluncurkan secara online. Salah Sukkarieh, dari Universitas Sydney, misalnya, telah menunjukkan sistem pemantauan sederhana dan hemat biaya di Indonesia yang mengandalkan tenaga surya dan telepon seluler.

7. Bahan bakar untuk kendaraan ramah lingkungan

Kemajuan sedang dibuat dengan teknologi zero-emission yang menjanjikan, sel bahan bakar yang diberi makan hidrogen. Kemajuan sampai saat ini terhalang oleh tingginya harga katalis yang mengandung platinum. Namun, banyak kemajuan telah dilakukan untuk mengurangi ketergantungan pada logam langka dan mahal ini, dan perkembangan terakhir melibatkan katalis yang tidak mengandung platina, atau dalam beberapa kasus tidak ada logam sama sekali.

8. Vaksin genom

Vaksin berdasarkan gen lebih unggul dari yang konvensional dalam beberapa cara. Mereka lebih cepat memproduksi satu hal, yang sangat penting pada saat terjadi wabah. Dibandingkan dengan protein manufaktur dalam kultur sel atau telur, menghasilkan bahan genetik juga harus lebih sederhana dan lebih murah. Pendekatan berbasis genomik terhadap vaksin juga memungkinkan adaptasi yang lebih cepat jika terjadi mutasi patogen, dan akhirnya memungkinkan ilmuwan untuk mengidentifikasi orang-orang yang resisten terhadap patogen, mengisolasi antibodi yang memberikan perlindungan tersebut, dan merancang urutan gen yang akan menyebabkan Sel seseorang untuk menghasilkan antibodi tersebut. Terdengar lebih alami ya?

9. Desain masyarakat yang berkelanjutan

Menerapkan konstruksi ramah lingkungan ke beberapa bangunan sekaligus berpotensi merevolusi jumlah energi dan air yang kita konsumsi. Mengirimkan tenaga surya yang dihasilkan secara lokal dapat mengurangi konsumsi listrik hingga separuh dan mengurangi emisi karbon menjadi nol jika sebuah proyek yang saat ini sedang dikembangkan di University of California di Berkeley. Sementara itu, rencana proyek yang sama untuk merancang ulang sistem air sehingga limbah air dari toilet dan saluran pembuangan dirawat dan digunakan kembali di lokasi, dengan air hujan dialihkan ke toilet dan mesin cuci, dapat mengurangi permintaan air minum sebesar 70%.

10. Quantum computing

Potensi komputer kuantum yang hampir tak terbatas hanya pernah diimbangi oleh kesulitan dan biaya konstruksi mereka. Yang menjelaskan mengapa hari ini yang kecil yang telah dibangun belum bisa melebihi kekuatan superkomputer. Tapi kemajuan sedang dibuat dan pada tahun 2016, perusahaan teknologi IBM menyediakan akses publik ke komputer kuantum pertama di cloud. Ini telah menghasilkan lebih dari 20 makalah akademis yang diterbitkan dengan menggunakan alat ini dan saat ini lebih dari 50 perusahaan start up dan perusahaan besar di seluruh dunia berfokus untuk membuat komputasi kuantum menjadi kenyataan. Dengan kemajuan di belakang kita, kata di bibir orang sekarang adalah "Quantum Ready."


Sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment