badge

Ranca Upas, Alternatif Liburan di Bandung Bersama Orang Terdekat

Penangkaran Rusa di Rancaupas - wikipedia.org
Soal lokasi liburan, Bandung punya banyak alternatif yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya menjelajah kota dan berbelanja, atau main ke Kawah Putih yang sudah ternama, Bandung punya lebih dari itu.

Salah satunya adalah Ranca Upas, yang jadi salah satu tempat wisata di Bandung yang banyak didatangi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Tempat wisata yang satu ini lekat dengan nuansa alam, cocok buat liburan bersama keluarga atau sahabat.

Bumi Perkemahan
Ilustrasi kemah - pikiran-rakyat.com
Sudah bertahun-tahun lamanya Ranca Upas dikenal sebagai bumi perkemahan yang memiliki lokasi strategis dan sangat luas. Total luas lahan tempat wisata di Bandung ini sekitar 2015 hektar, dengan tanah lapang yang luas dan juga hutan di sekitarnya.

Selain bisa digunakan sebagai bumi perkemahan dengan tenda, Ranca Upas juga menyediakan resort-resort yang cantik. Kamu bisa menginap di sana, atau sekedar jalan-jalan saja bareng orang-orang terdekat.

Konservasi Alam

Kawasan Ranca Upas adalah hutan konservasi alam yang memiliki banyak tumbuhan dan hewan yang dilindungi. Banyak flora yang langka di kawasan ini, seperti Huru, Kihujan, Jamuru dan banyak tumbuhan lainnya.

Sementara fauna yang dilindungi dan tinggal di kawasan ini adalah rusa dan berbagai jenis burung yang dijaga kelestariannya sampai sekarang.

Danau
Danau Rancaupas - mrpurbaya.wordpress.com
Di tengah Ranca Upas, terdapat danau dengan air bening yang cantik. Kamu bisa mendirikan tenda dan berpiknik di sekitar danau yang diapit oleh pepohonan menghijau di sekitarnya.

Pemandian Air Panas

Lokasi Ranca Upas tidak jauh dari Kawah Putih di kawasan Ciwedey yang merupakan kawasan pegunungan dengan magma yang masih aktif. Karena itulah di Ranca Upas terdapat sumber pemandian air panas yang asalnya langsung dari perut Bumi.

Pemandian air panas di Ranca Upas sudah ditata dengan apik dan bersih. Semua orang bisa berendam dan mandi di pemandian yang cantik ini. Selain itu juga ada Waterboom yang pastinya bakal disukai oleh anak-anak dan juga orang dewasa.

Wahana Outbond
Outbond - scout.id
Tidak hanya bisa seru-seruan berkemah dengan keluarga dan sahabat, kamu juga bisa menambah kekompakan dengan permainan outbond yang tersedia di Ranca Upas. Wahana ini bisa kamu manfaatkan bersama-sama dengan rombongan, dan pastinya bikin liburanmu makin berkesan.

Jelajah Alam

Hutan dan kawasan di sekitar Ranca Upas sangat cantik, dengan pemandangan hijau segar yang bikin refreshing. Kamu bisa melakukan jelajah alam sesuai dengan rute yang sudah ditentukan. Jangan melanggar lokasi yang sudah ditentukan karena kawasan ini sangat luas.

Selain bisa menghirup udara segar pegunungan yang menenangkan, jalan-jalan di Ranca Upas juga pasti membuat tubuh jadi lebih sehat.

Tiket Masuk Ranca Upas

Tempat wisata di Bandung ini buka selama 24 jam setiap harinya. Tidak ada jam tutup atau buka, jadi kamu bisa datang ke sana sewaktu-waktu.

Tiket masuk ke Ranca Upas pun sangat terjangkau. Saat ini, per orang dikenakan biaya sekitar Rp 15 ribu untuk masuk ke dalamnya. Sementara biaya parkir kendaraan ditentukan berdasarkan ukurannya, dengan biaya bus yang paling mahal.

Masih ada banyak kelebihan lain dari kawasan Ranca Upas yang pasti bikin kamu jatuh hati. Selengkapnya, kamu bisa cek langsung di situs Traveloka. Semua informasi ada di sana, kamu tinggal klik saja dan bersiaplah jatuh cinta pada Ranca Upas.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment