badge

Bagaimana Kira-kira Wujud Manusia Di Masa Mendatang?

Alien - satiitv.com
Ngomongin bentuk manusia di masa mendatang saya jadi ingat celotehan dosen filsafat saya saat kuliah dulu. Dia bilang bisa jadi penggambaran alien di film-film itu adalah wujud manusia di masa mendatang. Dia sedang iseng jalan-jalan melongok masa lalu dan mengamati pola hidup manusia-manusia primitif.

Loh? Bisa Jadi!

Dosen saya itu melanjutkan. Lihat mata yang besar dan hitam itu, itu pupil semua. Karena kita di masa depan senang gelap-gelapan dan lihat monitor makanya matanya besar begitu. Jari tangannya besar-besar karena saking canggihnya teknologi, kelak kita kalau mau apa-apa itu tinggal klik. Pencet tombol, selesai.

Lantas kenapa kurus-kurus? Nanti bakal ada semacam pil yang sekali tenggak segala kebutuhan nutrisi terpenuhi untuk waktu yang sangat lama. Makanya lambungnya menjadi keciiiil sekali. Lantas kenapa mereka tidak bicara. Karena manusia masa depan itu sudah berhasil mengembangkan kemampuan telepati. Sehingga untuk berkomunikasi, mereka cukup melalui pikiran dan tak perlu bersuara.

Aneh ya.

Tapi ada kemungkinan-kemungkinan menarik berdasarkan fakta teknologi yang sekarang sedang berjalan dan diteliti.

Jika dilihat dari fakta sejarah 130 tahun lalu, tinggi pria dewasa rata-rata sekitar 154cm. Sedangkan sekarang rata-rata 155cm. Artinya kemungkinan pada masa-masa mendatang tubuh manusia menjadi lebih tinggi.

Cyborg- bleedingcool.com
Tahu cyborg pada Justice League? Nah kemungkinan tubuh manusia di masa mendatang juga akan berhasil dikolaborasikan dengan mesin. Kalau istilah kerennya, bionic. Teknologi terkait fisik pun diramalkan akan kian berkembang pesat. Dari mulai alat bantu pendengaran, alat bantu melihat dan lain sebagainya. Sehingga kelak tidak ada lagi manusia yang cacat karena bantuan teknologi ini.

Kemampuan adaptasi manusia juga dipercaya bisa merubah struktur genetik manusia itu sendiri. Seperti pada penelitian yang dilakukan pada kelompok anak yang positif HIV. Ada sistem imun yang berkembang untuk melawan virus tadi pada tubuh anak-anak yang positif tadi.

Belum lagi ditambah dengan perkembangan teknologi untuk memindahkan memori pada perangkat keras. Ini bisa membuat manusia di masa mendatang "abadi". Karena selain tubuh yang tidak bisa menua dan tetap berfungsi karena bantuan bionic, memori pun tetap fresh walaupun dipindahkan badannya.

Itu baru dari sisi perkiraan teknologi. Bagaimana kalau dikaitkan dengan rencana besar umat manusia yang akan berkoloni di Mars?

Mars - channel.nationalgeographic.com
Rencana pindah ke Mars setidaknya akan membuat perubahan pada tubuh manusia untuk 2 hal. Pertama karena gaya gravitasi Mars 38 persen dari gaya gravitasi bumi, maka kemungkinan wujud manusia di masa mendatang yang berkoloni di Mars akan bertambah tingginya. Ditambah lagi saat gravitasi semakin rendah, tulang punggung manusia juga turut memuai or mengembang or apa lah namanya. Jadi, jelas akan lebih tinggi dari manusia di bumi.

Baru segitu perkiraan wujud manusia di masa mendatang. Kamu percaya yang mana?

sumber :


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment