Bisindo - Bahasa Isyarat Indonesia, Ada Appsnya Untuk Belajar


Pertama kali kenal dengan Bahasa Isyarat tentu saja pada acara dunia dalam berita era 90an dimana di bagian bawah terdapat orang yang menerjemahkan berita yang disampaikan dengan bahasa isyarat. Dan kemudian ingatan tersebut direfresh kembali setelah melihat video klip dari Endank Soekamti yang membuat video klip dengan menggunakan BISINDO.


Tunggu dulu, bukan cuma Endank Soekamti saja yang sepertinya pingin tuna rungu juga mengerti karya yang sudah dibuat. Anji juga membuat cover Bisindo untuk lagu Bidadari Tak Bersayap.


Apa itu BISINDO?
Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) adalah salah satu bahasa isyarat yang berlaku di Indonesia. Di Indonesia ada dua bahasa isyarat yang digunakan yaitu Sistem Bahasa Isyarat Indonesia atau SIBI dan Bahasa Isyarat Indonesia atau BISINDO. Perbedaan mendasar antara SIBI dan BISINDO adalah SIBI menggunakan äbjad sebagai panduan bahasa isyarat tangan satu, sementara BISINDO menggunakan gerakan tangan (dua tangan) sebagai upaya komunikasi antar pengguna bahasa isyarat. Semantara Peneliti dari Laboratorium Riset Bahasa Indonesia (LRBI) di Universitas Indonesia, Pheter Angdika mengatakan, SIBI diambil dari bahasa isyarat Amerika Serikat ditambahkan imbuhan awal dan akhir.

BISINDO merupakan penyesuaian dari Bahasa Isyarat Amerika, dengan beberapa variasi yang berlaku di setiap daerah. BISINDO merupakan bahasa isyarat alami budaya asli Indonesia yang dengan mudah dapat digunakan dalam pergaulan isyarat kaum tunarungu sehari-hari. Bisindo merupakan bahasa ibu mereka. Setiap penyandang tuli pun memiliki bahasa ibu yang otentik, serupa dengan bahasa daerah yang berkembang di setiap wilayah Indonesia.

Mau belajar BISINDO? Sekarang sudah banyak cara untuk mempelajarinya. Dari mulai video klip Bisindo dan tutorial di Youtube, hingga masuk ke ranah aplikasi. Asik kan bisa belajar dalam genggaman. Klik saja gambar di bawah ini untuk menuju GooglePlay Store dan pelajari aplikasinya.

Untuk pengantar, bisa lihat video di bawah ini :



Udah gitu aja.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment