Google Doodle Mengenang Dr. Maya Angelou

Penampakan google-doodle untuk Dr. Maya Angelou
Seperti biasa, Google memberikan pengetahuan yang luas untuk para penggunanya melalui Google doodle. Hari ini kita diperkenalkan dengan Dr. Maya Angelou pada peringatan ulang tahun yang ke 90. Siapa dia?

“I've learned that people will forget what you said, people will forget what you did, 
but people will never forget how you made them feel.”
-Dr. Maya Angelou

Dalam kehidupan yang kaya dengan pengalaman dan cerita, penulis, penyair, penulis memoar, dan aktivis Dr. Maya Angelou menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia melalui ajarannya, tulisannya, suaranya, dan tindakannya.

Lahir Marguerite Annie Johnson pada tahun 1928, kisahnya yang luar biasa dimulai dengan tragedi ketika serangan seksual pada usia tujuh tahun membuatnya bisu selama lima tahun. Selama tahun-tahun itu, bagaimanapun, buku dan puisi menjadi penghiburan dan teman-temannya yang konstan, akhirnya membantunya menemukan suaranya lagi untuk memulai perjalanan intelektual dan kreatif yang menentang deskripsi.

Saat remaja dan kehidupan dewasa awal Dr Angelou mengalami lebih banyak pengalaman lagi dalam hidupnya : dari mulai hidup sebagai ibu, menjadi streetcar conductor (ini maksudnya supir trem) perempuan dan kulit hitam pertama di San Francisco, hingga berkeliling dunia sebagai anggota pemeran opera Porgy dan Bess - sambil menguasai beberapa bahasa. Dia bernyanyi dan menari di kabaret profesional, bekerja sebagai wartawan di Afrika, dan menjadi salah satu aktivis hak-hak sipil paling terkemuka di generasinya.

Keberhasilan buku pertamanya, "I Know Why the Caged Bird Sings," pada tahun 1969 membawa perhatian utamanya sebagai seorang penulis. Diikuti enam karya otobiografi, di samping puisi, sastra anak-anak, dan non-fiksi (bahkan buku masak!).

Melalui karya-karyanya, Dr. Angelou memberikan suara kepada jutaan orang. Dia memperjuangkan hak-hak perempuan dan kesetaraan jender. Dia mendefinisikan kembali keindahan kulit hitam dan tradisi lisan Afrika-Amerika yang terkenal. Dia mendukung kampanye anti perang dan berkampanye untuk perdamaian universal.

Dia juga penerima banyak penghargaan selama hidupnya. Dia menjadi penyair pertama yang membuat resitasi pelantikan dalam tiga dekade ketika Bill Clinton menjadi Presiden pada tahun 1992. Pengaruh besar pada budaya populer juga dirasakan melalui sejumlah nominasi penghargaan, penghargaan publik, dan lebih dari 50 gelar kehormatan.

Doodle video hari ini merayakan Dr. Maya Angelou tentang apa yang akan menjadi ulang tahunnya yang ke-90. Diatur ke puisinya "Still I Rise," Doodle menyertakan suaranya sendiri bersama suara orang lain yang hidupnya terinspirasi, dan yang ingin hidup dengan warisannya hari ini.


Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment