The Colombian Amazon sekarang memiliki hak hukum yang sama dengan Anda

REUTERS/Jaime Saldarriaga
Pengadilan tertinggi Kolombia mengatakan kepada pemerintah bahwa mereka harus segera bertindak untuk melindungi hutan hujan Amazon dan membendung deforestasi, dalam apa yang dikatakan para pejuang sebagai momen bersejarah yang seharusnya membantu melestarikan hutan dan melawan perubahan iklim.

Dalam keputusan mereka pada hari Kamis, para hakim mengatakan bahwa Kolombia - yang merupakan rumah bagi hutan hujan seluas sekitar Jerman dan Inggris gabungan - melihat tingkat penggundulan hutan di wilayah Amazon meningkat sebesar 44 persen dari 2015 hingga 2016.

"Jelas, meskipun banyak komitmen internasional, peraturan ... bahwa negara Kolombia belum secara efisien menangani masalah deforestasi di Amazon," kata pengadilan tinggi.

Keputusan itu muncul setelah sekelompok 25 penggugat muda, yang berusia antara tujuh hingga 26 tahun, mengajukan gugatan terhadap pemerintah pada bulan Januari untuk menuntutnya melindungi hak mereka atas lingkungan yang sehat.

Para penggugat telah mengatakan kegagalan pemerintah untuk menghentikan kehancuran Amazon membahayakan masa depan mereka dan melanggar hak konstitusional mereka untuk lingkungan yang sehat, kehidupan, makanan dan air.

Kelompok hak asasi yang berbasis di Bogota, Dejusticia, yang mendukung kasus penggugat, mengatakan putusan itu berarti ini adalah pertama kalinya gugatan semacam ini telah diperintah dengan baik di Amerika Latin.

"Keputusan Mahkamah Agung menandai sebuah preseden historis dalam hal litigasi perubahan iklim," kata Camila Bustos, salah satu penggugat dan peneliti di Dejusticia.

Dalam putusannya, pengadilan mengakui Amazon Kolombia sebagai "entitas subjek hak", yang berarti bahwa hutan hujan telah diberikan hak hukum yang sama dengan manusia.

"Putusan itu menyatakan pentingnya melindungi hak generasi mendatang, dan bahkan menyatakan Amazon sebagai subjek hak," Bustos mengatakan kepada Thomson Reuters Foundation.

Pengadilan memerintahkan pemerintah - baik di tingkat lokal maupun nasional - bersama dengan kementerian lingkungan dan pertanian serta otoritas lingkungan untuk membuat rencana aksi dalam waktu empat bulan untuk memerangi penggundulan hutan di Amazon.

Kehancuran Amazon menyebabkan kerusakan "segera dan serius" terhadap anak-anak dan orang dewasa untuk generasi sekarang dan mendatang, kata hakim.


Putusan itu menyatakan bahwa hutan ditebang untuk dijadikan lahan penggembalaan dan pertanian, serta tanaman koka - bahan mentah untuk kokain - penambangan dan penebangan ilegal.

Deforestasi adalah sumber utama emisi gas rumah kaca yang mendorong perubahan iklim, yang merusak ekosistem dan sumber air dan menyebabkan degradasi lahan, kata pengadilan.

"Tanpa lingkungan yang sehat, subyek hukum dan makhluk hidup pada umumnya tidak akan mampu bertahan, apalagi melindungi hak-hak itu untuk anak-anak kita atau untuk generasi mendatang," kata putusan itu.

Gugatan itu menyusul lonjakan litigasi di seluruh dunia menuntut tindakan atau mengklaim kerusakan atas dampak perubahan iklim - dari naiknya permukaan laut hingga polusi.

sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment