Aquaman, 5 Hal Dalam Catatan

poster aquaman - mashable.com
Banyak yang bilang kalau film ini adalah salah satu film paling keren dari DC. Dari mulai perang bawah laut yang digambarkan seperti perang antar galaksi, hingga cerita dan karakter Aquaman yang banyak mendapat pujian dari kritikus. Buat saya pribadi, setidaknya ada 4 catatan yang menarik dari film ini.

1. Simbol 2 Dunia.

Cinta dua dunia, begitu kira-kira kalau kita lihat dari trailer Aquaman yang panjang itu. Trailer yang menggambarkan hampir seluruhnya plot cerita film itu memperlihatkan kalau Arthur si Aquaman ini adalah simbol penggabungan dua dunia. Seperti mengingatkan kita pada Hercules di mana dia adalah anak dari Zeus dan Alkmene (manusia). Arthur lahir dari rahim seorang Dewi laut bernama Alanna dan manusia biasa penjaga menara, Thomas Curry.

Thomas, Arthur kecil dan Atlanna
Dan seperti kebanyakan cerita dua dunia lainnya, Arthur juga digadang-gadang bakal jadi penerima tahta dunia laut. Bukan hanya penguasa saja, tapi juga pemersatu antara dunia bawah air dan daratan.

2. Berbakat Saja Tidak Cukup.

Sejak kecil, Arthur sudah memperlihatkan memiliki kemampuan. Salah satu yang menjadi momok adalah kemampuannya berbicara dengan makhluk laut. Digambarkan dengan sangat fenomenal saat sekolah (mungkin sedang studi tour) di akuarium raksasa. Arthur kecil yang dibully, kemudian dibela oleh hiu-hiu besar.

Arthur muda yang dibela seisi akuarium
Memang berbakat saja tidaklah cukup. Seiring berjalannya film, Arthur dilatih secara rahasia oleh Vulko. Selain melatih kemampuan dasar seperti melihat di dalam air, Arthur juga dilatih caranya bertarung oleh Vulko. Namanya juga hidup di dua dunia, jelas kegiatan Arthur pasti padat, makanya dia bisa dikalahkan dengan mudah oleh Orm saat perebutan tahta.

Kenapa berebut tahta? Karena Arthur adalah anak pertama Atlanna, sedangkan Orm anak kedua. Jadi yang dirasa menduduki tahta adalah Arthur. Tapi ya Arthur kalah, jadi ya kudu punya Trident of Atlan sebagai pembuktian.

3. Mera kok Seperti Poison Ivy?

Pencarian Trident of Atlan ini dibantu oleh Mera. Selain putri salah seorang raja bawah laut, Mera ini punya kemampuan hydrokinetik. Yang kalau dalam bahasa Avatar adalah water bender. Dia punya kemampuan untuk mengendalian air. Keliatan lah ya di trailernya bagaimana dia mengambil keringat Arthur untuk membuka jalan menuju Triden of Atlan.

Mera
Mera dan Arthur bahu membahu mencari petunjuk menuju Trident of Atlan. Hingga posisi terakhir mereka masuk ke semacam dunia monster. Selain penggambaran Mera yang mirip dengan Poison Ivy, monster-monster yang mengejar Arthur dan Mera di kapal malah mengingatkan saya pada murloc di dunia World of Warcraft. Tapi penggambaran horornya itu loh, Busyet keren banget!

4. Pengakuan itu Bernama Trident.

Posisi akhir Trident ditemukan, dan memang Arthur ini orangnya, ya gifted aja gitu. Dia seperti mengerti apa keluhan kraken si penjaga Trident. Hingga si kraken pun akhirnya manut sama Arthur. Dan jreng-jreng! keluar lah Arthur dengan kostum aquaman yang kita kenal selama ini di serial kartunnya.

Arthur dalam balutan kostum Aquaman
Kemudian bersama Kraken, Arthur datang ke pertempuran di bawah laut. Dengan kemampuannya yang memerintahkan hewan laut, Arthur seperti membalikan peperangan. Pesan damai disampaikan, hingga akhirnya hanya Orm yang tetap kekeh. Mereka berdua kembali bertarung.

Jelas dengan kekuatan Trident of Atlan Orm seperti dengan mudah dikalahkan. Dan drama berlanjut, Atlanna datang, Orm yang juga anak Atlanna ya kangen-kangenan. Oh iya, selain 4 pesan ini ada satu lagi yang GONG banget pesan dari film ini.

5. Jangan Rusak Laut

Pesan yang tampil sekilas yang bisa jadi pesan besar dari film ini. Bagaimana kalau ternyata di bawah laut sana ada peradaban penuh akal yang lebih canggih dari hidup manusia di daratan? Bagaimana jika mereka murka dan membalas? Musnah sudah peradaban manusia di pesisir. Ancur!

Maka, jangan buang sampah ke laut ya.

Udah gitu aja.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment