Sebuah sekolah terpencil di hutan Brasil dinobatkan sebagai gedung baru terbaik di dunia

The award winning complex in Tocantins, Brazil. - Cristobal Palma/ Estudio Palma
Sebuah sekolah hutan terpencil di Brazil baru saja dinobatkan sebagai gedung baru terbaik di dunia, kanopi kayu yang menjulang berfungsi sebagai ruang kelas dan asrama bagi anak-anak miskin dan asli.

Kompleks 'Desa Anak-Anak', jauh di wilayah Tocantins, akan menampung 540 anak di asrama baru, di daerah di mana banyak anak harus berjalan dengan susah payah ke dan dari sekolah, melintasi hutan hujan lebat, berjalan kaki atau dengan perahu.

Sekarang mereka bisa bertahan - dengan nilai yang sudah membaik.

"Bangunan itu meningkatkan kualitas hidup anak-anak," kata pemenang penghargaan Gustavo Utrabo, seorang arsitek di Aleph Zero, kepada Thomson Reuters Foundation melalui telepon dari Brazil.

Bangunan hijau, yang dipuji oleh para hakim karena "kepahlawanannya yang sederhana", dirancang oleh Aleph Zero dan Rosenbaum dan memenangkan Hadiah Internasional RIBA 2018 oleh Institut Kerajaan Arsitek Inggris, sebuah badan keanggotaan profesional global.

Children's Village arsitektur pemenang penghargaan terletak di hutan hujan Brasil utara.


Kompleks ini membutuhkan waktu 14 bulan untuk membangun, memadukan budaya lokal dan hiper-modernitas, dan menggunakan komponen bangunan tradisional seperti blok tanah buatan tangan untuk menggantikan barak lama.

"Kami mencoba membuat perasaan baru dan interpretasi kontemporer tentang cara tradisional membangun di daerah ini di Brasil," kata Utrabo.

Para ahli mengunjungi 30 bangunan yang telah lama terdaftar - dari taman vertikal di Milan hingga sekolah musik virtuoso di Tokyo - untuk menemukan gedung baru terbaik di dunia.

Tim pemenang penghargaan bekerja sama dengan anak-anak di Canuana School untuk menemukan cara untuk mengubah hidup mereka melalui arsitektur dan menyediakan area baru yang luas bagi mereka untuk tidur, belajar, dan bersantai.

Kompleks hutan ramping menyatu dengan hutan di sekitarnya, memberikan keteduhan alami dari panas tropis di daerah di mana suhu bisa mencapai 40 Celcius (104 Fahrenheit).

Kanopi berkolom mencakup sekitar 25.000 meter persegi - hampir seluas lima bidang sepak bola.

Para arsitek sekarang merencanakan proyek Desa Anak-anak kedua di lahan basah besar wilayah Pantanal Brasil, bersama dengan sebuah pusat komunitas adat di Xingu, di utara Brasil.

"Kami merasakan kegembiraan saat ini," kata Utrabo.


sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment