INI 10 KEBIASAAN AKAN SERIUS KERUSAKAN GINJAL ANDA!


Ginjal adalah dua organ berbentuk kacang, masing-masing seukuran kepalan tangan, terletak tepat di bawah tulang rusuk di setiap sisi tulang belakang. Setiap hari, ginjal menyaring sekitar 120-150 liter urin, sisa dan cairan berlebih untuk mencegah penumpukan limbah di dalam tubuh. Ginjal menjaga tingkat elektrolit stabil dan menghasilkan hormon yang membantu mengatur tekanan darah, membuat sel darah merah dan menjaga tulang tetap kuat.

Jika ginjal terdengar cukup penting, itu karena mereka. Ginjal yang sehat sangat penting untuk menjaga segala sesuatu di tubuh berjalan lancar. Kerusakan pada ginjal seringkali tidak diketahui, jadi penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan kesehatan ginjal. Berikut daftar sepuluh kebiasaan umum yang mungkin tidak Anda sadari membuat banyak tekanan pada ginjal Anda dan dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang serius dari waktu ke waktu.

1. Tidak Cukup Minum Air

Salah satu fungsi penting ginjal adalah untuk menyaring darah dan membuang racun dan bahan-bahan limbah yang dapat membahayakan tubuh. Ketika Anda tidak minum cukup air, racun dan bahan limbah itu mulai menumpuk, akhirnya menyebabkan kerusakan parah.

2. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Garam

Tubuh memang membutuhkan natrium untuk bekerja dengan baik, tetapi kelebihan natrium dapat menyebabkan kerusakan. Kebanyakan orang mengkonsumsi terlalu banyak, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan pada ginjal.

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi dua atau lebih minuman manis sehari lebih cenderung memiliki protein dalam urin mereka. Protein dalam urin adalah tanda awal bahwa ginjal tidak melakukan tugasnya dengan baik.


4. Menahan Kencing

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi hampir semua orang melakukannya. Dorongan sering datang saat naik mobil, di tengah panggilan telepon, atau ketika tidak ada kamar mandi di dekatnya. Menahan air seni secara teratur meningkatkan tekanan, yang dapat menyebabkan gagal ginjal dan batu ginjal. Saat alam memanggil, yang terbaik adalah mendengarkan.

5. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Makan makanan yang sehat adalah penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk fungsi ginjal. Ada beberapa kekurangan yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal atau gagal ginjal, seperti Vitamin B6 dan magnesium.

6. Minum Kopi Berlebihan

Kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan ekstra pada ginjal, sama seperti garam. Seiring waktu, konsumsi kopi berlebih (atau konsumsi kafein) dapat menyebabkan kerusakan ginjal.


7. Mengkonsumsi Protein Hewani Terlalu Banyak

Mengkonsumsi kelebihan protein hewani (terutama daging merah) meningkatkan beban metabolisme pada ginjal. Semakin banyak protein hewani yang dikonsumsi, semakin sulit ginjal bekerja, yang dapat menyebabkan stres dan menyebabkan kerusakan ginjal.

8. Tidak Cukup Tidur

Kurang tidur kronis dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit ginjal. Tubuh bekerja sambil tidur untuk memperbaiki jaringan ginjal yang mungkin rusak, sehingga mengurangi waktu tidur membuat lebih sulit untuk sembuh.

9. Menyalahgunakan Obat penghilang rasa sakit

Obat-obatan yang dijual bebas maupun yang diresepkan biasanya diminum untuk sakit dan nyeri tanpa mempedulikan efek samping berbahaya yang mungkin timbul. Penggunaan berlebihan atau penyalahgunaan obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan hati yang parah.

10. Minum Kelebihan Alkohol

Kebanyakan orang menikmati segelas anggur atau bir di sana-sini, tetapi lebih dari satu gelas beberapa kali seminggu dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal. Alkohol memberi tekanan pada ginjal dan hati.

sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment