Ini negara-negara yang paling berpendidikan di dunia

Korea Selatan berada jauh di depan. - REUTERS/Kim Hong-Ji
Di mana di dunia adalah negara yang paling berpendidikan?


Ini adalah Korea Selatan, menurut penilaian OECD terhadap persentase orang antara usia 25 dan 34 yang telah menyelesaikan pendidikan tersier. Tingkat pendidikan tinggi menjadi semakin penting karena globalisasi dan teknologi membentuk kembali kebutuhan pasar tenaga kerja.

Korea Selatan telah banyak berinvestasi dan bagian pengeluaran publik untuk pendidikan meningkat 10 poin persentase antara tahun 2005 dan 2014, menurut laporan OECD, dengan pengeluaran untuk pendidikan dasar, menengah, dan tersier.

Ada fokus pada mata pelajaran sains dan teknologi. Pangsa lulusan Korea Selatan dan pendatang baru di bidang teknik, manufaktur, dan konstruksi jauh lebih tinggi daripada rata-rata OECD.

Kanada berada di urutan kedua dalam daftar, dengan 61 persen dari 25-34 tahun memegang kualifikasi tersier. Meski begitu, sementara negara ini memiliki banyak orang dewasa berpendidikan tinggi, sedikit yang melanjutkan melampaui gelar sarjana, statistik OECD menunjukkan.

Yang ketiga dalam daftar adalah Jepang, yang mengirimkan sebagian besar ke pendidikan tinggi, walaupun biayanya tinggi. Pada level tersier, hanya 34 persen dari total pengeluaran untuk institusi pendidikan berasal dari sumber-sumber publik, dibandingkan dengan rata-rata OECD sebesar 70 persen. Rumah tangga menanggung sebagian besar tagihan, memberikan kontribusi 51 persen dari pengeluaran untuk pendidikan tersier, lebih dari dua kali rata-rata OECD.


Lithuania berada di urutan keempat dalam daftar. Di sini, tingkat pencapaian pendidikan tinggi telah meningkat sebagian besar selama 15 tahun terakhir karena pengeluaran untuk lembaga-lembaga tersier diperluas hingga melampaui rata-rata OECD.

Di tempat kelima adalah UK, yang menghabiskan proporsi kekayaannya yang tertinggi untuk pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, menurut OECD. Selain bagian rata-rata pengeluaran publik, sebagian besar dana berasal dari sumber swasta.


No 2 terakhir dari 10 besar, Norwegia adalah satu-satunya negara Skandinavia yang memiliki ciri khas, bersama dengan Luksemburg, Australia, Swiss, dan AS. Mungkin mengejutkan, meskipun secara universal dikagumi karena sistem pendidikannya, Finlandia tidak masuk 10 besar.

Ketika memperhitungkan orang-orang berusia antara 25 dan 64 tahun, Kanada menduduki peringkat teratas dalam daftar, diikuti oleh Jepang, Israel, dan Korea. Finlandia - di mana siswa tersier tidak perlu membayar biaya - memang masuk 10 besar dalam hal ini, berada di urutan delapan.



sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment