Inilah sebabnya mengapa bayi jauh lebih cepat dalam belajar bahasa

Peneliti I-LABS telah menemukan bahwa adalah mungkin untuk memberi anak-anak yang sangat kecil kesempatan untuk mulai belajar bahasa kedua. - REUTERS/Dominic Lipinski
Para peneliti telah mengembangkan program pendidikan berbasis permainan yang dapat mengajarkan bayi bahasa kedua hanya dalam satu jam per hari.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan dan orang tua sama-sama menggembar-gemborkan manfaat memperkenalkan bayi ke dua bahasa: Pengalaman dua bahasa telah terbukti meningkatkan kemampuan kognitif, terutama pemecahan masalah.

Dan untuk bayi yang dibesarkan di rumah tangga di mana dua bahasa digunakan, pembelajaran bilingual berlangsung hampir tanpa usaha. Tetapi bagaimana bayi di rumah tangga tunggal dapat mengembangkan keterampilan seperti itu?

"Sebagai peneliti yang mempelajari perkembangan bahasa awal, kita sering mendengar dari orang tua yang ingin memberi anak mereka kesempatan untuk belajar bahasa lain, tetapi tidak mampu membeli pengasuh dari negara asing dan tidak berbicara bahasa asing sendiri," kata Naja Ferjan Ramirez, seorang ilmuwan penelitian di Institut Pembelajaran & Ilmu Otak Universitas Washington (I-LABS).

Sebuah studi baru oleh para peneliti I-LABS, yang muncul dalam jurnal Mind, Brain, and Education, adalah yang pertama untuk menyelidiki bagaimana bayi dapat belajar bahasa kedua di luar rumah.

Para peneliti berusaha menjawab pertanyaan mendasar: Dapatkah bayi diajarkan bahasa kedua jika mereka tidak mendapatkan paparan bahasa asing di rumah, dan jika demikian, paparan bahasa asing macam apa, dan berapa banyak, yang diperlukan untuk memicu pembelajaran itu?

Para peneliti mengambil pertanyaan mereka sampai ke Eropa, mengembangkan metode dan kurikulum berbasis bahasa Inggris berbasis permainan, dan menerapkannya di empat pusat pendidikan bayi publik di Madrid, Spanyol.

Mengajar dengan 'orang tua'

Enam belas sarjana dan lulusan baru menjabat sebagai tutor untuk studi ini, menjalani dua minggu pelatihan di I-LABS untuk mempelajari metode pengajaran dan kurikulum sebelum melakukan perjalanan ke Spanyol. Sistem pendidikan publik yang luas di negara ini memungkinkan para peneliti untuk mendaftarkan 280 bayi dan anak-anak dari keluarga dari berbagai tingkat pendapatan.

Berdasarkan penelitian I-LABS selama bertahun-tahun tentang perkembangan otak dan bahasa bayi, metode ini menekankan interaksi sosial, permainan, dan kualitas dan kuantitas bahasa yang tinggi dari para guru. Pendekatan ini menggunakan "pidato yang diarahkan pada bayi" - sering disebut "orang tua" - gaya bicara yang digunakan orang tua untuk berbicara dengan bayi mereka, yang memiliki tata bahasa yang lebih sederhana, nada yang lebih tinggi dan berlebihan, dan vokal yang keluar.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa orang tua membantu bayi belajar bahasa," kata Ferjan Ramirez.

Bayi berusia 7 hingga 33,5 bulan diberikan satu jam sesi bahasa Inggris sehari selama 18 minggu, sementara kelompok kontrol menerima program bilingual standar sekolah Madrid. Kedua kelompok anak-anak diuji dalam bahasa Spanyol dan Inggris pada awal dan akhir dari 18 minggu.

"Sains menunjukkan bahwa otak bayi adalah mesin pembelajaran terbaik yang pernah dibuat ..."

Anak-anak juga mengenakan rompi khusus yang dilengkapi dengan perekam ringan yang merekam pembelajaran bahasa Inggris mereka. Rekaman dianalisis untuk menentukan berapa banyak kata dan frasa bahasa Inggris setiap anak berbicara.

Anak-anak yang menerima metode baru menunjukkan peningkatan yang cepat dalam pemahaman dan produksi bahasa Inggris, dan secara signifikan mengungguli rekan-rekan kelompok kontrol pada semua umur di semua tes bahasa Inggris.

Pada akhir program 18 minggu, anak-anak dalam program peneliti menghasilkan rata-rata 74 kata atau frasa bahasa Inggris per anak, per jam; anak-anak dalam kelompok kontrol menghasilkan 13 kata atau frasa bahasa Inggris per anak, per jam.

Ferjan Ramirez mengatakan temuan menunjukkan bahwa bahkan bayi dari rumah satu bahasa dapat mengembangkan kemampuan bilingual pada usia dini ini.

“Dengan pendekatan berbasis sains yang tepat yang menggabungkan fitur-fitur yang dikenal untuk menumbuhkan bahasa anak-anak, adalah mungkin untuk memberikan anak-anak yang sangat muda kesempatan untuk mulai belajar bahasa kedua, dengan hanya satu jam bermain per hari dalam lingkungan pendidikan awal,” dia berkata. "Ini memiliki implikasi besar bagi bagaimana kita berpikir tentang pembelajaran bahasa asing."

'Mesin pembelajaran terbaik'

Pengujian lanjutan 18 minggu kemudian menunjukkan bahwa anak-anak tetap mempertahankan apa yang mereka pelajari. Keuntungan bahasa Inggris serupa antara anak-anak yang menghadiri dua sekolah yang melayani sebagian besar lingkungan berpenghasilan rendah dan dua melayani daerah berpenghasilan menengah, menunjukkan bahwa kekayaan bukan merupakan faktor yang signifikan dalam kemampuan bayi untuk belajar bahasa asing.

Bahasa ibu anak-anak (Spanyol) terus tumbuh ketika mereka belajar bahasa Inggris, dan tidak terpengaruh secara negatif dengan memperkenalkan bahasa kedua.

“Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa otak bayi adalah mesin pembelajaran terbaik yang pernah dibuat, dan bahwa pembelajaran bayi itu sensitif terhadap waktu. Otak mereka tidak akan pernah lebih baik dalam belajar bahasa kedua daripada mereka berusia antara 0 dan 3 tahun, ”kata rekan penulis Patricia Kuhl, codirector I-LABS dan profesor ilmu bicara dan pendengaran.

Hasilnya, kata Kuhl, memiliki potensi untuk mengubah cara pengajaran bahasa awal didekati di Amerika Serikat dan di seluruh dunia:

“Orang tua di Madrid, di Amerika Serikat, dan di seluruh dunia ingin memberikan kesempatan kepada anak-anak mereka untuk belajar bahasa asing sejak dini. Sensus AS menunjukkan bahwa 27 persen anak-anak Amerika di bawah usia 6 tahun sekarang belajar bahasa selain bahasa Inggris di rumah.

“Sementara anak-anak ini sepenuhnya mampu mempelajari bahasa orang tua mereka dan bahasa Inggris, mereka sering tidak memiliki paparan bahasa Inggris yang memadai sebelum masuk taman kanak-kanak dan sebagai hasilnya, sering tertinggal di belakang teman-teman sebayanya begitu mereka masuk sekolah,” katanya.

“Pekerjaan baru I-LABS menunjukkan bahwa kita dapat menciptakan lingkungan belajar bilingual awal untuk pelajar bahasa ganda dalam lingkungan pendidikan, dan dalam satu jam per hari, bayi dapat menyalakan pembelajaran bahasa kedua lebih awal dan lebih mudah daripada yang kita pikirkan sebelumnya . Ini bisa dilakukan untuk semua orang, ”kata Kuhl.


sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment