Unbreakable, Teori Komik Menciptakan Jagoan

Poster Unbreakable - cinematerial.com
Bisa dibilang ini adalah film lawas yang nongol pada tahun 2000. Kenapa ditonton? Alasannya sederhana, karena saya mau nonton film Glass yang tayang tahun ini. Biar lebih sreg dengan alur cerita secara keseluruhan, maka saya nonton film ini terlebih dahulu sebelum nonton film Glass.

Baca : Mr Glass, Si Jenius Pembuka Jalan

Film ini dibuka dengan setting tahun 1961 di Philadelphia, Elijah Price dilahirkan dengan osteogenesis imperfecta Tipe I, penyakit langka yang membuat tulang penderita sangat rapuh dan rentan patah. Elijah tumbuh menjadi pedagang buku seni komik dan mengembangkan teori berdasarkan komik yang telah dibacanya selama masa kanak-kanak bahwa jika ia mewakili kelemahan manusia yang ekstrem, dan dia yakin pasti ada seseorang yang "sangat kuat" yang berlawanan dengan kondisi dirinya.

Elijah dan komiknya - cinemablend.com
Di masa kini, David Dunn, mantan gelandang football amerika yang sekarang menjadi satpam yang tinggal bersama istrinya Audrey dan putra mereka Joseph, naik kereta pulang dari wawancara kerja di New York City. Kereta yang dia tumpangi mengalami kecelakaan, menewaskan seluruh penumpang dan hanya dia satu-satunya yang selamat, tanpa cedera.

Pada upacara peringatan korban kecelakaan, ia menemukan sebuah amplop di kaca depan mobilnya, dengan sebuah kartu di dalamnya bertuliskan logo dan alamat galeri seni Elijah Edisi Terbatas, yang menanyakan apakah ia pernah sakit. David dan Joseph bertemu dengan Elijah, yang mengusulkan kepada David tentang teori masa kecilnya tentang pahlawan super kehidupan nyata. David menjadi gelisah dan meninggalkan toko.

Namun, David menjadi penasaran dengan kekuatannya dan mulai angkat berat dengan Joseph dengan bangku menekan sekitar 350 pound (sekitar 175 kg), jauh di atas apa yang bisa dia lakukan sebelumnya. Joseph mulai mengidolakan ayahnya dan percaya bahwa dia adalah seorang pahlawan super, meskipun David masih menyatakan bahwa dia hanyalah "manusia biasa".

David dan Joseph saat angkat besi - deviantart.com
David menantang teori Elia dengan sebuah insiden dari masa kecilnya ketika dia hampir tenggelam. Elia menyarankan bahwa insiden tersebut menyoroti konvensi bersama di mana pahlawan super sering memiliki kelemahan. Dia berpendapat bahwa kelemahan David mungkin air: lebih mudah baginya untuk tenggelam atau tersedak daripada orang biasa.

Saat mengamati puing-puing kereta yang disimpannya yang selamat, David mengingat kecelakaan mobil yang mengakhiri karir atletiknya, mengingat bahwa ia tidak terluka dan membuka pintu mobil untuk menyelamatkan Audrey. David menggunakan kecelakaan itu sebagai alasan untuk keluar dari football karena Audrey tidak menyukai olahraga ekstrim.

Atas saran Elijah, David menyadari bahwa apa yang dia pikir hanya "naluri" alami untuk memilih orang-orang berbahaya selama pemeriksaan keamanan sebenarnya adalah bentuk persepsi ekstrasensor. Sekarang dengan sadar mengasah kemampuan ini, David menemukan bahwa ketika dia melakukan kontak dengan orang lain, dia dapat melihat tindakan kriminal yang telah mereka lakukan. Atas saran Elia, David berdiri di tengah kerumunan di Stasiun 30th Street Philadelphia. Ketika berbagai orang menabraknya, dia merasakan kejahatan yang mereka lakukan, seperti pencurian, penyerangan, dan pemerkosaan, dan menemukan satu yang bisa dia tindak lanjuti:

David Dunn di stasiun - http://reflectionsonfilmandtelevision.blogspot.com
Seorang petugas kebersihan sadis yang telah menyerbu rumah keluarga, membunuh ayah, dan sekarang menyandera istri dan dua anak. David mengikuti petugas kebersihan ke rumah para korban, membebaskan anak-anak, dan menemukan ibu mereka, tetapi petugas kebersihan menyergapnya dan mendorongnya dari balkon ke kolam renang. David hampir tenggelam karena dia tidak bisa berenang, tetapi anak-anak menyelamatkannya. Dia kemudian menyerang petugas kebersihan dari belakang dan mencekiknya, sementara David tetap tidak terluka, tetapi menemukan ibunya sudah mati.

Keesokan paginya, dia diam-diam menunjukkan Joseph sebuah artikel surat kabar tentang tindakan heroik anonim, menampilkan sketsa David dalam ponco hujan berkerudung yang dia kenakan saat menghadapi petugas kebersihan. Joseph mengakui pahlawan itu sebagai ayahnya dan berjanji untuk merahasiakannya.

David & Elijah - vaguevisages.com
David menghadiri pameran di Edisi Terbatas dan bertemu ibu Elijah, yang menjelaskan perbedaan antara penjahat yang melawan para pahlawan dengan kekuatan fisik versus mereka yang menggunakan kecerdasan mereka. Elijah mengundang David ke ruang belakang toko dan memintanya untuk menyentuh tangannya mengungkapkan serangan teroris Elijah; termasuk pemboman kereta David. Elijah percaya mereka ditakdirkan untuk menjadi musuh satu sama lain dan akhirnya mengklaim nama panggilan masa kecilnya "Mr Glass" karena kondisinya.

Adegan terakhir ini yang paling bangsat sih. Ternyata dibalik fisik yang serba terbatas itu ada kegilaan yang luar biasa.

Kemudian David akhirnya melaporkan serangan teroris Elijah ke polisi dan ditempatkan di rumah sakit jiwa untuk para kriminal yang gila.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment