Polusi bisa membahayakan setiap bagian tubuh Anda. Begini caranya

Sembilan dari 10 orang di seluruh dunia menghirup udara yang tercemar - REUTERS/Carlos Barria
Bukan hanya lingkungan yang merusak polusi, itu juga tubuh kita.

Selain korban yang terkenal - paru-paru kita - polutan udara dapat membahayakan "sebagian besar organ tubuh lainnya", menurut ulasan penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal medis Chest.

Dean Schraufnagel, dari University of Illinois di Chicago, yang memimpin proyek ini mengatakan kepada Guardian: "Saya tidak akan terkejut jika hampir setiap organ terpengaruh. Jika ada yang hilang [dari ulasan yang diterbitkan awal tahun ini] itu mungkin karena belum ada penelitian. "



Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan lebih dari 90% populasi dunia menghirup udara yang tercemar - campuran gas dan partikel seperti jelaga dan asap. Gas rumah kaca menyebabkan pemanasan global, tetapi itu adalah partikel yang membentuk senyawa yang mempengaruhi kesehatan global.

Dengan tujuh juta kematian per tahun dari udara beracun - lebih dari jumlah orang yang meninggal karena merokok secara global - itu telah dijelaskan oleh direktur jenderal WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, sebagai darurat kesehatan masyarakat yang diam.

Apa yang terjadi di tubuh Anda?

Ketika Anda menghirup udara yang tercemar ke dalam paru-paru Anda, partikel ultra-halus - partikel yang lebih kecil dari 10 mikrometer - dapat diserap ke dalam aliran darah Anda.

Partikel-partikel ini kemudian diangkut ke seluruh tubuh ke semua organ vital lainnya.

Schraufnagel mengatakan alasan utama pencemaran udara merusak tubuh kita adalah karena peradangan yang dihasilkan dari respons sistem kekebalan tubuh kita terhadap partikel-partikel itu.

“Sel-sel kekebalan tubuh menganggap [partikel polusi] adalah bakteri, mengejarnya dan mencoba membunuhnya dengan melepaskan enzim dan asam. Protein-protein peradangan itu menyebar ke dalam tubuh, memengaruhi otak, ginjal, pankreas, dan sebagainya. Dalam istilah evolusi, tubuh telah berevolusi untuk mempertahankan diri terhadap infeksi, bukan polusi. ”


Bagan di atas, dari ulasan Dada, mencantumkan secara rinci penyakit yang berhubungan dengan paparan polusi udara. Inilah enam bagian tubuh Anda yang paling terpengaruh.

Jantung

Respons sistem kekebalan terhadap partikel dapat menyebabkan arteri di jantung Anda menyempit dan otot-otot melemah, membuat Anda lebih rentan terhadap serangan jantung.

Paru-paru

Dampak pencemaran udara pada saluran pernapasan - hidung, tenggorokan, dan paru-paru - adalah yang paling banyak dipelajari. Ini menyebabkan semuanya, mulai dari sesak napas dan asma, hingga laringitis kronis dan kanker paru-paru.



Tulang

Di AS, sebuah penelitian terhadap sembilan juta penerima Medicare menemukan patah tulang terkait osteoporosis lebih umum di daerah regional dengan konsentrasi partikel polusi ultra-halus yang lebih tinggi.

Kulit

Dari keriput, jerawat dan eksim pada anak-anak, semakin kita terpapar polusi lalu lintas, semakin besar kerusakan yang terjadi pada kulit sensitif kita - organ terbesar tubuh.

Mata

Paparan ozon (O3) dan nitrogen dioksida (NO2) telah dihubungkan dengan konjungtivitis, sementara mata kering, teriritasi dan menangis juga merupakan reaksi umum terhadap kabut polusi yang terlihat, terutama bagi orang yang memakai lensa kontak.

Otak

Penelitian telah menunjukkan bahwa polusi udara dapat mengurangi kemampuan kognitif anak-anak, sekaligus meningkatkan risiko demensia dan stroke pada orang dewasa yang lebih tua.

sumber
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment