3D Printer Penunjang Usaha

Pernah tahu mesin CNC? Adalah kepanjangan dari Computer Numeric Control. Fungsinya untuk mencetak dan membuat perkakas dari bahan yang keras seperti besi. Bisanya mesin ini digunakan oleh pabrik-pabrik dalam fase produksinya.

Dari produk CNC tersebut kemudian tercetuslah 3D printer. Fungsinya sama seperti CNC, untuk membentuk benda sesuai dengan yang diinginkan. Perkembangan teknologi yang cepat akhirnya melahirkan produk 3D printer besutan glowforge.



3D printer besutan glowforge ini memiliki kemampuan dasar untuk memotong dan mengukir. Dalam hal memotong, printer ini mampu memotong material kayu, kain, kulit, kertas, karton, akrilik, karet, gabus, ampelas dan masih banyak lagi. Dengan kemampuan ini, kita bisa berkreasi tanpa batas membuat benda-benda sesuai dengan imajinasi kita.



Selain memotong, printer ini juga kemampuan untuk mengukir. Bahan-bahan yang bisa diukir adalah kaca, marmer, stempel karet, batu, ubin keramik, bahkan titanium, dan lainnya. Dengan kemampuan ukir ini, kita bisa membentuk karya-karya seperti ini.



Printer 3D ini memiliki dimensi 38″ x 20.75″ x 8.25″ (965mm x 527mm x 210mm). Sementara penampang benda yang bisa dipasang adalah 12″ x 20″ (300mm x 500mm). Dengan maksimum ketebalan bahan antara 0.5″ (13mm) dan 1.5″ (38mm).




Printer ini juga dilengkapi dengan software yang bisa mengolah data dengan format JPG, PNG, TIF, SVG, AI, DXF, PDF dan lainnya. Selain itu printer ini juga didukung dengan konektifitas WIFI. Sangat mudah untuk dioperasikan. Untuk gambaran lebih jelas, bisa dilihat pada video di bawah ini.



Alat ini akan sangat membantu sekali untuk pengusaha skala kecil dan menengah dalam berkarya. Dengan harga awal yang dibuka seharga $2.395. Kalau dengan kurs 15.000 berarti kita perlu merogoh kocek Rp. 35.925.000. Sebuah harga yang murah untuk berkarya jangka panjang. 
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment