6 Hal Yang Menarik Dari Film Despicable Me 3

Cover Despicable Me 3
Siapa yang tidak kenal dengan film Minion yang populer itu? Apalagi untuk orang Indonesia, ketika Minion mengucapkan terimakasih saja sudah heboh dan jadi daya tarik tersendiri. Nah, sekarang berlanjut pada sequel film yang ke 3. Dimana Gru bertemu dengan saudara kembarnya Dru. Intip sendiri lah trailernya di bawah ini :


Satu hal yang patut diingat, bahwa film ini bukan diperuntukkan untuk anak-anak. Film ini untuk remaja. Karena bisa dilihat ratingnya R dan segala jokes yang hadir pada film ini baru bisa dicerna oleh anak remaja. Bahaya kalau anak-anak nonton film ini. Bisa-bisa segala kelakuan minion yang tak pantas itu ditirunya.

Setidaknya ada 6 hal yang menarik dari film ini. Mungkin bisa lebih, tapi ini yang saya catat :

Gru, dari penjahat terhebat menjadi penangkap penjahat.


Sejak pertemuannya dengan Lucy, Gru seperti menemukan tujuan hidupnya yang baru. Bersama dengan Lucy dirinya melebur menjadi 1 group agen yang secara sepihak diberinama Grucy oleh Lucy, yang tentu saja Gru tidak suka dengan nama ini.

Bukti kalau Gru beralih haluan adalah saat dirinya berusaha menangkap Balthazar, yang kemudian gagal ditangkap dan berujung pada pemecatan Gru dan Lucy. Film ini sebagian menceritakan usaha Gru bersama Dru untuk mengambil kembali berlian yang dicuri oleh Balthazar. Berlian ini kemudian digunakan oleh Gru untuk mendapatkan pekerjaannya kembali.

Ah, cinta memang bisa merubah siapa saja. Bahkan bisa berbalik 180 derajat.

Dru, kembaran yang villain wanna be.


Gru dan Dru - cbs.com
Ini dia kembaran Gru yang cenderung lebih ekspresif. Dru namanya. Undangan bertemu Dru ini bertepatan dengan dipecatnya Gru dan Lucy dari pekerjaannya. Dru ini kemudian memperkenalkan silsilah keluarga yang ternyata adalah keluarga penjahat kelas kakap. Bahkan sebelum meninggal, ayah Gru/Dru memuji karya Gru dalam dunia kejahatan.

Ternyata setelah dikonfirmasi pada sang Ibu, memang benar kalau Gru memiliki saudara kembar. Ibu dan ayahnya memutuskan untuk berpisah dan mengambil masing-masing satu anak.

Dru sendiri memiliki alasan tersendiri mengapa mengundang Gru datang. Dia pingin sekali belajar menjadi penjahat yang baik dan benar dari Gru. Walaupun akhirnya sempat kecewa dengan pilihan Gru saat berhasil mencuri berlian yang diambil Balthazar, Dru tetap senang karena dipertemukan dengan minion yang sehati.

Mel si pemberontak.
Mel Minion dan Mel Gibson.
Ini salah satu jokes yang kampret banget menurut saya. Pada moment terpuruknya Gru dan Lucy pasca dipecat, para minion berusaha meyakinkan Gru untuk kembali menjadi penjahat. Bujukan ini datang dari seorang minion bernama Mel. Dia menampilkan foto-foto ilustrasi kalau Gru jadi penjahat akan terlihat keren.

Gru yang tetap kekeh pada pendiriannya untuk tidak kembali menjadi penjahat membuat Mel ini memberontak. Ada momen di mana Mel sempat mewarnai wajahnya seperti pemberontak Wales di film Braveheart. Mungkin maksud nama Mel pada minion ini adalah easter-egg untuk Mel Gibson pada Braveheart.

Ya, sebenci-bencinya Mel pada Gru, tetap saja ujungnya dia kangen dan kembali lagi pada Gru. Walaupun akhirnya kepincut dengan saudara kembarnya yang pingin jadi penjahat, Dru.

Masalah Margo dan Agnes

Edith, Margo dan Agnes - wikia.com
Pada film ini tergambar sekali bahwa keluarga Gru sedang terbentuk sangat indah. Bayangkan saja, saat tahu Gru dan Lucy dipecat dari pekerjaannya, Agnes berusaha menjual mainannya untuk mendapatkan uang guna membantu Gru dan Lucy. Bukan mainan sembarangan, melainkan boneka unicorn kesukaannya bahkan rela dijual.

Tidak berhenti sampai di sana, Margo, Edith dan Agnes juga merayakan ulang tahun pernikahan Gru dan Lucy dengan cara mereka. Naik ke rumah pohon sambil bersantap bersama. Ya walaupun menu yang disajikan juga aneh.

Satu lagi yang menarik adalah saat Agnes mengetahui ada unicorn yang bisa ditangkap di hutan. Dan Agnes sangat antusias menangkapnya. Walaupun yang didapat adalah kambing dengan satu tanduk, Agnes tetap senang. Walaupun kambing dengan satu tanduk yang semula dikira unicorn sudah dijelaskan kebenarannya oleh Gru.

Lucy si Ibu

Pada film ini juga digambarkan sangat betapa Lucy yang pingin menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya. Untuk Margo yang sedang puber, Lucy sempat menyuruhnya maju pada festival keju. Akibatnya, anak lelaki yang menjadi pasangan Margo menganggap Margo benar-benar menyukainya. Akibatnya si anak lelaki itu datang terus menyatakan cinta pada Margo.

Tentu saja Margo menolaknya, karena memang bukan keinginan dia sejak awal untuk menerima keju dari si anak lelaki ini. Dan tolakan Margo ini membuat si anak lelaki ini menangis dan memanggil ibunya. Ya sudah bisa ditebak, Lucy yang menghadapi si ibu anak lelaki dan berhasil. Margo pun takjub pada Lucy.

Masih ada satu lagi momen dimana Lucy menjadi seorang ibu yang juga pelindung. Adalah momen dimana Agnes berteriak kencang saat mendengar ada unicorn di hutan yang bisa ditangkap. Mendengar teriakan Agnes ini, Lucy langsung menghajar semua orang yang ada di klub unicorn tersebut. Tanpa pandang bulu! Padahal kan Agnes cuma teriak kesenangan saja.

Balthazar si penjahat dengan sampah emosi

Balthazar - wikia.com
Terjebak Nostalgia, mungkin itu yang tepat menggambarkan sosok Balthazar. Penjahat utama dalam film Despicable Me 3 ini ternyata merupakan aktor di masa kecilnya. Dia bermain dalam serial yang berjudul Balthazar Bratt. Pada serial tersebut Balthazar menjadi tokoh utama dan menjadi anak yang nakal. Nakalnya tidak tanggung-tanggung, dia punya robot besar dan teknologi permen karet yang bisa menggelembung persis seperti permen karet yang digunakan untuk mencuri berlian.

Serial Balthazar Brat ini kemudian diberhentikan secara sepihak oleh Hollywood. Alasannya pun sepele, karena Balthazar sudah tidak Brat lagi. Sebagai informasi, sebutan Brat digunakan untuk anak yang nakal. Sementara saat serial Balthazar Brat dihentikan, Balthazar sudah berjerawat dan suaranya mulai berubah. Artinya dia sudah remaja dan tidak pantas dipanggil Brat lagi.

Dendam tetaplah dendam. Balthazar yang terobsesi dengan tokohnya pada serial Balthazar ini kemudian seperti mewujudkan serialnya dalam kehidupan nyata. Puncaknya adalah ketika Balthazar dengan menggunakan robotnya, berusaha menerbangkan satu kota ke luar angkasa. Dan bisa ditebak, usahanya tentu berhsail digagalkan.

Satu hal yang bisa diambil dari kisah hidup Balthazar. Itu orangtuanya kemana? Apa gak ada orang dewasa yang kasih pemahaman sama si Balthazar kalau tokohnya hanya fiktif saja?

Itulah 6 catatan yang bisa saya bagi terkait film Despicable Me 3. Ada yang lain?
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment