badge

Sedikit Mengenai Kebijakan Privasi Baru Google yang Dimulai 1 Maret Nanti



Sekedar ingin mencari tahu kabar terakhir soal SOPA/PIPA, saya mencarinya via google.com. Ada yang menarik di sana. Pada pojok atas kanan, ada seperti post-it yang muncul. Pemberitahuan dari google soal privasi dan aturan bermain baru dari google.com.
Dari yang saya tangkap di sini, bahwa ketika pengguna menggunakan fasilitas google, maka akan tercatat Informasi pribadi (bagi pengguna yang membagikannya), infomasi akun google, kuki (cookies), pengenal anonim, alamat IP, log server, informasi pribadi yang sensitif (bagi pengguna yang membagikannya), informasi pengidentifikasi selain pribadi dan tag piksel. Kebijakan privasi baru tersebut akan dimulai pertanggal 1 Maret 2012. Untuk lebih jelasnya dapat dibaca di sini. Google memang hebat, selalu berinovasi, termasuk teknologi tag piksel. Dari yang saya tangkap berdasarkan penjelasannya, berarti dengan tag piksel ini dapat dilacak pengguna menggunakan perangkat apa ketika mengakses akun google miliknya.
Pada halaman ini bagian Penegakkan, dijelaskan bahwa kebijakan baru ini karena google mematuhi kerangka kerja sama AS-EU maupun AS-Swiss untuk Safe Harbor sebagaimana yang ditetapkan oleh Department of Commerce AS mengenai pengumpulan, pemakaian, dan penyimpanan informasi personal dari penduduk Uni Eropa dan Swiss. Untuk penjelasan lebih lanjut, bisa dilihat di sini.
Kalau boleh saya menebak-nebak. Kebijakan baru ini jelas akan menguntungkan google. Kenapa?!? Karena dengan banyaknya data unik pada pengguna fasilitas google ini, mereka akan dengan mudah mengembangkan pada fitur-fitur baru nantinya. Seperti yang sekarang ada misalnya, iklan-iklan yang muncul pada google pasti ada kaitannya dengan data pengguna. Dengan kata lain, google tidak asal-asalan beriklan. Dan mungkin dengan data-data yang dikumpulkan nantinya, bisa saja dapat dideteksi favorit pencarian yang pengguna lakukan jika menggunakan perangkat handphone Blackberry misalnya.
Selain berandai-andai akan kecanggihan fitur google nantinya, ada juga kekhawatiran yang timbul. Salah satunya adalah pencurian identitas. Ada kan kasus asuransi menawarkan produknya pada seorang nasabah bank? Ini juga sama, bayangkan kalau tiba-tiba banyak promo masuk ke dalam email pribadi atau handphone, pasti akan menyebalkan. Dan google katanya menjamin bahwa data-data yang kita berikan hanya dapat diakses oleh administrator domain dan apabila diminta oleh pihak yang berwajib (berkaitan dengan penegakkan hukum).
Tapi saya menangkap sebuah peringatan. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk layanan Google saja. Google tidak menerapkan kendali atas situs yang ditampilkan sebagai hasil telusur, situs yang memasukkan aplikasi Google, produk atau layanan, atau tautan dari dalam berbagai layanan kami. Situs-situs lain ini dapat meletakkan kuki (cookies) mereka sendiri atau berkas lainnya di komputer Anda, mengumpulkan data atau meminta informasi pribadi dari Anda. Jadi, tetaplah berhati-hati dengan praktik phising.
__________________________________
, wah.. bisa-bisa malah kalah nih validnya data kependudukan Indonesia untuk pemilu 2014 - hahahahaha
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment