Mengenal Idol Grup JKT48

Logo JKT48 - syncmusic.jp
Pertama kali melihat pertunjukan JKT48 adalah saat ada acara Jejepangan di Monas. Enggak enak banget ya bilang acara Jejepangan. Saya lupa nama acaranya, yang pasti acara ini seperti festival musim panas di Jepang yang dipindahkan ke Jakarta. Acaranya seru dengan ragam pernak-pernik dan makanan khas negeri sakura. Saya sendiri adalah orang yangn kagum dengan budaya dan kultur Jepang. Bayangkan saja, di tengah kemajuan zaman yang makin menggila, Jepang tetap konsisten menjaga adat dan budaya leluhurnya. Identitas diri yang tidak bisa hilang.

Okeh, kembali ke soal JKT48.

Pada puncak acara Jejepangan di Monas itu kemudian dihadirkan LIVE JKT48 di atas panggung. Ada dua artis papan atas yang tampil, pertama Agnes Monica yang kemudian disebut bahwa salah satu kakeknya berasal dari Jepang. Lalu tentu yang akan diulas sedikit di isni, JKT48. Terus terang banyak hal yang membuat saya shock menonton konser JKT48 secara live ini.

Pertama begitu menggilanya penonton yang ingin melihat secara langsung JKT48 ini. Didominasi oleh pria-pria berusia tanggung yang berteriak-teriak mengikuti irama musik. Terus terang saya sangat terganggu dengan teriakan-teriakan para pendukung JKT48 kala itu. Bayangkan saja ada laki-laki berteriak-teriak melihat penampilan gadis-gadis yang menari dan menyanyi. Sungguh merusak pertunjukan menurut saya. Jadi saya tidak bisa menikmati lantunan irama yang dinyanyikan.

Kesan pertama begitu kampret melihat penonton dan pendukung JKT48 secara LIVE.

Salut untuk pendukung JKT48 yang loyal dan kompak.
Tapi dibalik rasa sebal saya, saya selalu salut untuk pendukung JKT48 yang loyal dan terlihat kompak atributnya. Usaha mereka sungguh luar biasa.

Mengapa pendukungnya begitu loyal? Ternyata ini berhubungan dengan konsep yang diusung oleh JKT48. Ternyata JKT48 ini bukanlah girlband. JKT48 ini adalah sebuah idol grup yang tumbuh bersama pendukungnya.

Jadi begini, ternyata pertumbuhan JKT48 itu sangat tergantung pada fans-fansnya yang sangat loyal. Bahkan setiap fans punya oshimen-nya sendiri. Oshimen itu istilah untuk member JKT48 yang didukung habis-habisan oleh pendukungnya. Jadi jangan heran kalau JKT48 ini punya golden rule yang harus dipatuhi oleh seluruh membernya. Termasuk salah satunya tidak boleh memiliki kekasih. Karena dikhawatirkan kalau memiliki kekasih, bisa menyakiti perasaan fans yang sudah mendukung mati-matian.

Fans garis keras untuk JKT48 ini tidak main-main, mereka punya etika dan penilaiannya sendiri. Kalau ada kasus yang melecehkan member JKT48, sudah dipastikan kalau itu bukan lahir dari fans sejati JKT48. Karena fans sejati itu selalu menjaga nama baik dan perasaan member JKT48. Ya bisa jadi kalau ada orang yang melecehkan, bisa jadi malah benjut sama fans-nya.

Top 4 member, Veranda, Haruka, Melody, Nabilah - vik.kompas.com
Lihat di atas, itu top 4 member yang memiliki banyak voting dari para penggemarnya di seluruh Indonesia. Sepertinya keempat member di atas masih panjang karirnya di JKT48. Mengingat membernya yang membludak dan loyal.

Jadi, kalau ditanya sampai kapan JKT48 bertahan? Ya sampai sudah tidak ada lagi fans yang mendukungnya. Selama masih ada dan sistem berjalan, ya tetap bergulirlah idol grup ini.

Sumber : 



Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment