Ketika Baper Hadir pada Jagoan di Civil War

poster Captain America: Civil War (nerdist.com)

Film Captain America: Civil War yang baru tayang ini sepertinya bakal sukses besar. Film yang berjudul sama dengan komik yang judulnya sama yang dikeluarkan Marvel pada tahun 2006 ternyata memiliki beberapa perbedaan. Tapi gak usah bahas perbedaannya. Mau cerita sedikit aja soal film Captain America: Civil War. Awas spoiler!

Masih ingat film Avengers: Age of Ultron yang tayang 2015 lalu? Pada film tersebut Avengers bertarung di sebuah kota yang bernama Sokovia. Kota tersebut sukses luluh lantak dalam pertarungan. Ternyata banyak sekali korban tewas saat Sokovia dijadikan arena pertarungan. Akibat kejadian tersebut akhirnya muncul peraturan Superhuman Registration Act.

Superhuman Registration Act bisa dibilang sebagai undang-undang yang memaksa para super hero ini untuk mendata dirinya. Semua informasi diri didata sekaligus sebagai pengawasan. Para super hero ini kemudian terpecah menjadi dua kubu. Kubu Ironman yang setuju dengan aturan Superhuman Registration Act dan kubu Captain America yang menolak aturan ini.

Terus bapernya dimana? Bapernya Ironman muncul ketika melihat secara langsung kesedihan orang-orang yang ditinggal mati para korban Sokovia. Tony Stark seolah merasakan hal yang sama ketika ditinggalkan oleh ayahnya Anthony Stark. Sementara bapernya Steve Rogers si Captain America lantaran melihat ketidakadilan yang terjadi pada sahabatnya Bucky Barnes si Winter Soldier. Perlu diketahui, Bucky Barnes adalah sahabat Steve Rogers saat perang dulu. Kalau melihat film Captain America yang pertama, Bucky Barnes adalah satu-satunya teman seperjuangan Steve Rogers yang menerima kondisi Rogers saat masih cupu untuk terus berkarir sebagai prajurit.

Spiderman di Captain America: Civil War (screenrant.com)

Pertarungan kedua kubu ini menjadi semakin unik salah satunya karena hadirnya Spiderman di kubu Ironman. Unik karena karakter Spiderman pada film ini seolah berbeda sekali karakternya pada film-film Spiderman sebelumnya. Pada film ini, Spiderman adalah sosok muda yang masih remaja. Pada sebuah adegan, Peter Parker pernah menolak ikut lantaran ada pekerjaan rumah. Iya. Karena ada PR, si Spiderman urung ikut. Keren juga ya. Seolah memberikan pesan bahwa tugas utama pelajar itu ya belajar. Walaupun kamu punya kekuatan super.

Spiderman di sini benar-benar dibuat seperti pada komiknya. Pecicilan dan mulutnya tidak bisa berhenti berbicara. Walaupun sedang bertarung.


Kemudian yang menarik dari kubu Captain America adalah kehadiran Ant-Man. Si manusia semut yang bisa sesuka hati merubah ukuran tubuhnya. Pada satu adegan pertarungan, si Ant-Man ini masuk ke dalam tubuh Ironman dan mencabut-cabut kabel yang ada di dalam armor besi Ironman. Akibat dari merusak sistem di dalam armor Ironman ini menjadikannya system failure. Armor Ironman rusak. Belum lagi ketika Ant-Man menjadi raksasa. Keren.

Terus kubu mana yang kalah? Ah enggak usah cerita. Tapi yang jelas, pihak yang kalah dimasukkan ke dalam penjara yang dibuat khusus untuk si super hero. Yang menjamin si super hero yang dipenjara tadi tidak bisa kabur.

Beda Film Dengan Komik

Terjadi perbedaan mencolok antara Film yang rilis kemarin dengan cerita yang ada di komik. Kalau alasan Joe dan Anthony Russo si sutradara film, mereka pingin  menyuguhkan sejumlah perbedaan dalam versi filmnya. Semacam versi tersendiri dari movie.

Contohnya Hank Pym alias Ant-Man dalam komik aslinya berada dalam Tim Iron Man, sementara Black Panther ada di sisi Tim Captain America. Dalam versi film, keduanya bertukar posisi. Ditambah lagi dengan tidak hadirnya seluruh superhero Marvel yang sebenarnya terlibat dalam Civil War ini.



Sebenarnya bisa ditilik-tilik perbedaan ini terjadi salah satunya lantaran pemegang hak cipta untuk Film. Misalnya saja Fantastic Four yang sebenarnya punya andil besar dalam kubu Ironman. Richard si Manusia Plastik dari Fantastic Four ini adalah yang mendesain penjara untuk super hero yang membangkang. Kemudian tidak hadir pula tokoh-tokoh dari X-Men. Semua terjadi karena pemegang hak cipta untuk pembuatan filmnya berbeda.

Untuk lebih rinci soal perbedaan Film dengan Komik, bisa dilihat pada halaman screenrant.com. Namun dengan berdalih bahwa film Captain America: Civil War adalah bagian dari Marvel Cinema Universe (MCU) maka dibuatlah versi anyar. Tapi tetap saja film ini sangat menarik untuk ditonton. Pokoknya bikin makin laku deh action figure Ironman dan Captain America.

Sekian, semoga tetap pingin nonton filmnya.
Share on Google Plus

0 komentar :

Post a Comment